Cerdas Memilih Motherboard (Main Board)

>Motherboard adalah komponen vital untuk PC yang turut menentukan ragam pilihan komponen-komponen lain yang membentuk PC.
>Motherboard adalah tempat dimana kita akan memasang komponen-komponen seperti CPU (Processor), RAM, Hardisk, Kartu Grafis dan lain-lain. dibutuhkan dukungan spesifikasi yang sesuai agar komponen dan motherboard tersebut bisa terkoneksi.

Bagaimana Cara Memilih Motherboard ?

  • CPU Socket : Perhatikan dukungan yang sesuai dengan processor yang akan dipasang. tersedia motherboard yang mendukung processer Intel (1150, 1155, 2011, dll) dan juga AMD
  • Memory RAM : Perhatikan frekuensi yang sesuai dengan RAM yang kamu punya (1333,1600,2133,2400 dll).
  • Jumlah socket PCI/PCIe yang sesuai dengan komponen yang kamu punya. socket ini biasanya untuk kartu suara, kartu gravis, TV Tuner, External USB. Kartu Wifi, Ethernet, dll. sesuaikan juga dengan versi PCI nya (2.0 , 3.0)
  • SATA Port : Ini biasanya untuk hardisk. pastikan port hardisk sama dengan yang didukung motherboard
  • Ukuran: Tersedia beberapa ukuran mulai dari yang kecil hingga besar yang harus anda sesuaikan dengan Casing anda.
Hal lain yang perlu juga diperiksa adalah Jumlah konektor kipas (jika anda ingin memasang kipas tambahan), jumlah Port USB, kartu grafis dan kartu suara yang terintegrasi (jika perlu).
Komponen utama dari sebuah motherboard sendiri adalah chipset, yang bekerja melakukan transfer data untuk tiap komponen yang terpasang. selain itu juga terdapat Kapasitor , VRM dan lain-lain. Jika chipset motherboard rusak, maka tamat juga riwayat motherboard itu. Pastikan aliran listrik yang baik dari PSU (Power Supply) anda yang biasanya melakukan koneksi lewat 2 kabel konektor dengan pin 20/24 dan 4/8 pin.
Baterai
Setiap motherboard memiliki sebuah baterai yang digunakan untuk menyimpan settingan BIOS. biasanya jika umur baterai sudah tua, motherboard akan menginfokan dan anda cukup mengganti baterai dengan jenis yang sama. jangan biarkan motherboard anda tanpa baterai dalam jangka waktu yang lama karena anda bisa kehilanggan settingan BIOS anda.
BIOS bisa disebut control panel dari sebuah motherboard. Sebuah software yang ditanamkan oleh pabrik pembuat. lewat BIOS anda bisa melakukan settingan yang disebut OverClock, yaitu kegiatan menambah kecepatan RAM, CPU dan yang lainnya. tentunya anda sebaiknya mengerti sebelum mengutak-atik BIOS agar kerusakan tidak terjadi.
Fitur Motherboard Bawaan.
Beberapa motherboard menawarkan kartu suara, kartu grafis, Wifi bahkan bluetooth yang terintegrasi dalam motherboard. ini membuat anda tidak perlu lagi membeli kartu tambahan untuk mendapat fungsi yang sama.
Kartu suara biasanya sudah terintegrasi dan memiliki kualitas yang baik sehingga anda tidak perlu lagi membeli terpisah. untuk kartu grafis, seringkali hanyalah seadanya, sehingga untuk bermain game dan grafis yang berat, kartu grafis terpisah wajib dibeli.
Wifi dan bluetooth juga biasanya sudah cukup bagus dan tidak perlu dibeli terpisah. Tapi ingat juga untuk melakukan pengecekan karena dengan fitur ini biasanya harga motherboard juga akan tinggi. bahkan lebih tinggi dari pada anda membelinya secara terpisah.
Usia Motherboard
Ini tergantung dari pemakaian.. , penyebabnya adalah : Debu yang menumpuk, sirkulasi udara yang buruk, kelembapan, power supply yang tidak stabil dan sesuai hingga settingan yang salah. Debu biasanya penyebab utama kerusakan motherboard dan untuk mencegah ini, sediakan
saringan debu atau ‘rang nyamuk’ lubang terkecil pada casing dan jangan malas untuk membersihkan debu-debu yang tertumpuk di kipas dan dinding casing. Motherboard yang dipelihara dengan baik seharusnya bisa berusia diatas 5 tahun.
Sumber: http://www.bloggerkilat.com/cerdas-memilih-motherboard-main-board/
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar