Review Firmware 2.50 – Yukimura PS4: Akhirnya Tiba Juga!


Playstation 4 Yukimura jagatplay (6)
Terlepas dari usianya yang sudah mencapai lebih dari satu tahun, Sony sebenarnya masih belum memaksimalkan potensi konsol teranyarnya – Playstation 4. Kita tidak sekedar membicarakan performa untuk menampilkan game-game terbaru dalam visualisasi yang lebih baik daripada sang kompetitor utama, tetapi beragam fitur yang sempat diklaim akan hadir di awal eksistensinya, namun tak kunjung memperlihatkan batang hidung. Salah satu yang paling dinantikan? Tentu saja fitur Suspend / Resume yang membuat aktivitas gaming berjalan jauh lebih lancar, apalagi jika Anda termasuk gamer yang seringkali disibukkan dengan ragam kegiatan sekaligus. Setelah penantian yang begitu lama, update firmware terbaru Playstation 4 – 2.50 atau yang lebih dikenal sebagai “Yukimura”, akhirnya tiba! Apa saja yang ia tawarkan di sini?

Back-up / Restore Game via USB

Fitur Back Up / Restore Game dan Save Date akhirnya tiba!
Fitur Back Up / Restore Game dan Save Date akhirnya tiba!
Anda hanya perlu memasang HDD dengan format FAT32, mengakses fungsi ini dari menu, dan voila!
Anda hanya perlu memasang HDD dengan format FAT32, mengakses fungsi ini dari menu, dan voila!
Menyempurnakan fitur dari update firmware sebelumnya yang akhirnya memungkinkan gamer untuk menangkap gambar andalan mereka dan menyimpannya di HDD eksternal, Sony kini menghadirkan fitur yang lebih esensial. Anda termasuk gamer yang bingung dengan kapasitas 500 GB HDD Playstation 4 yang tampaknya mudah terkikis dengan kebutuhan instalasi sebagian besar game terbaru yang sangat masif? Maka solusi Back-up / Restore Game via storage eksternal ini akan menjadi solusi. Anda hanya perlu mempersiapkan sebuah HDD eksternal dengan format FAT32, dan mengakses menu tersebut dari setting. Voila! Fitur ini selesai digunakan.

Kini Hadir dengan Dukungan Dailymotion!

Anda kini bisa melakukan upload video gameplay Anda ke Dailymotion!
Anda kini bisa melakukan upload video gameplay Anda ke Dailymotion!
Tentu saja, butuh akun!
Tentu saja, butuh akun!
Setelah sempat menyematkan dukungan untuk mengupload video Anda ke Facebook dan Youtube, Yukimura kini memungkinkan Anda untuk mengunggahnya ke situs video populer lain – Dailymotion. Dengan hanya menahan tombol Share dan melakukan runtut aksi yang sama seperti Anda meng-upload video sebelumnya, opsi baru ini akan terlihat jelas di layar. Tentu saja, Anda harus memiliki akun Dailymotion untuk menikmatinya secara terpisah.

PS Store Kini Di Halaman Depan

Playstation Store kini terpampang jelas di halaman depan!
Playstation Store kini terpampang jelas di halaman depan!
Tidak perlu lagi dipusingkan dengan aksi yang bertele-tele hanya untuk melihat game-game apa saja yang tengah menjadi highlight di PS Store, menu tersebut kini dilempar Sony ke halaman depan. Ia menjadi ikon paling pertama, bahkan berada di depan “What’s New” yang selama ini selalu berada di posisi paling muka. Tidak ada fitur baru apapun di dalamnya.

People You May Know

Ingin menambah lebih banyak teman di friendlist PSN? Fitur ini akan sangat membantu.
Ingin menambah lebih banyak teman di friendlist PSN? Fitur ini akan sangat membantu.
Nama asli mereka juga akan terpampang.
Ada yang Anda kenal?
Selain fitur-fitur esensial yang membuat Playstation 4 kian tangguh, Sony juga memperkuat status konsol generasi terbarunya ini sebagai perangkat yang lebih sosial. Dan tidak ada cara yang lebih rasional untuk mencapai hal tersebut selain memperkuat integrasi perangkat ini dengan situs sosial media terbesar di dunia – Facebook. Sebuah fitur baru bernama “People You May Know” diperkenalkan, memberikan saran pertemanan bagi jajaran Friend List PSN Anda dengan akun-akun Facebook yang mungkin Anda kenal.

Anda Kini Bisa Berbagi Trophy

Anda kini juga bisa berbagi Trophy. Cukup tekan tombol Share di bagian list yang ingin Anda bagi.
Anda kini juga bisa berbagi Trophy. Cukup tekan tombol Share di bagian list yang ingin Anda bagi.
Voila! Opsi pun muncul!
Opsi tersebut akan muncul. Anda bisa berbagi detail Trophy ini via Facebook, Twitter, atau Messages.
Tidak lagi sekedar gambar dan video, Anda kini diberikan kesempatan lebih untuk memamerkan kemampuan gaming Anda lebih baik dengan sistem “Share Trophy” yang disematkan oleh Yukimura ini. Yang Anda perlu lakukan hanyalah masuk ke dalam menu Trophy, memilih Trophy yang informasinya ingin Anda bagi, dan menekan tombol Share. Seperti halnya gambar dan video, Anda bisa berbagi informasi Trophy ini melalui Facebook, Twitter, dan Messages di dalam PSN. Anda juga bisa membuang Trophy dengan pencapaian 0% dari list pribadi Anda.

 Segudang Opsi “Ini-Itu” yang Unik

Accessibility Options yang makin beragam!
Accessibility Options yang makin beragam!
Salah satu update terbesar Yukimura adalah hadirnya menu Accessibility yang lebih beragam, yang walaupun tidak terasa esensial, namun mungkin dibutuhkan oleh beberapa varian gamer. Anda sering dipusingkan dengan tombol X dan O untuk aksi konfirmasi dan pembatalan? Anda bisa memberikan assignment personal Anda sendiri untuk setiap tombol yang ada via Yukimura ini. Dengan user-interface yang sederhana, Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.
Fungsi tombol yang kini bisa Anda ubah!
Fungsi tombol yang kini bisa Anda ubah!
Zoom!
Zoom!
Memperbesar teks pada keyboard virtual.
Memperbesar teks pada keyboard virtual.
Menariknya lagi? Ada begitu banyak opsi lain yang ditambahkan, dari sekedar kesempatan untuk melakukan Zoom tulisan secara instan dengan shortcut tombol tertentu, memperbesar ukuran teks, melakukan Bold pada semua tulisan, meningkatkan kontras, hingga membalikkan proporsi warna yang ada. Sebagian besar dari gamer mungkin tidak akan melihat opsi-opsi ini sebagai  sesuatu yang penting. Namun bagi beberapa gamer yang mudah merasa kesal karena ketidaknyamanan elemen kecil disana-sini, Yukimura adalah surga.

 

Share Play 60fps? Tetap Tidak Bisa Dinikmati!

 

*sigh*
*sigh*
Share Play Playstation 4 akhirnya memungkinkan gamer “tamu” untuk mencicipi game yang sama hingga 60fps! Namun seperti yang terjadi ketika fitur ini diperkenalkan untuk pertama kalinya, hampir mustahil bagi gamer Indonesia untuk benar-benar punya kesempatan untuk menjajal fitur yang satu ini secara optimal. Apa pasal? Benar sekali, karena kebutuhan internet dengan kecepatan super tinggi. Jika dengan framerate rendah saja sudah tidak bisa diakomodasi, apalagi untuk mencapai 60fps? Seandaianya saja kecepatan internet itu tidak hanya bergantung hanya soal paket dan biaya, maka fitur ini mungkin akan bisa dinikmati  gamer Indonesia di masa depan.

 

Akhirnya, Suspend / Resume!

 





Salah satu fitur yang sudah lama dinantikan dan dijanjikan, akhirnya tiba! Benar sekali, fitur Suspend / Resume kini akhirnya terintegrasi dengan fungsi Rest Mode – Playstation 4. Apa istimewanya fitur yang satu ini? Tidak lagi harus keluar dari aplikasi dan game yang tengah Anda mainkan, Anda bisa membawa Playstation 4 ke mode Rest dengan semua konten ini berjalan di latar belakang. Begitu Anda menghidupkan Playstation 4 Anda kembali dari Rest Mode, ia akan secara otomatis akan membawa Anda ke progress terakhir Anda bermain, langsung, tanpa hambatan. Sebuah bar informasi berwarna biru akan muncul di bagian atas begitu hal ini terjadi.
Ada bar informasi kecil berwarna biru setiap kali Anda berhasil melakukan proses Supsend / Resume.
Ada bar informasi kecil berwarna biru setiap kali Anda berhasil melakukan proses Supsend / Resume.
Sejauh kami menjajal fitur ini, fitur ini berjalan tanpa masalah. Melakukan proses Supsend / Resume di Bloodborne, ia langsung membawa kami ke  posisi terakhir game sebelum masuk ke Rest Mode. Proses tidur dan bangun Playstation 4-nya sendiri juga berjalan cukup normal. Memang terdengar suara putaran HDD yang lebih keras daripada biasanya, namun tidak berakibat pada waktu proses yang lebih lama. Semuanya berjalan seperti biasanya Anda mengakses Rest Mode. Permasalahannya? Mode ini mungkin akan terasa optimal untuk gamer yang tinggal di negara maju, karena mereka tidak perlu lagi repot untuk melanjutkan game yang tengah mereka cicipi. Namun untuk Indonesia dengan tingkat padam listrik yang masih tinggi? Ia bisa berujung mimpi buruk!

Kesimpulan

Acungan jempol untuk Sony yang akhirnya mampu  menyematkan fungsi yang sudah lama mereka janjikan untuk PS4 via update ini.
Acungan jempol untuk Sony yang akhirnya mampu menyematkan fungsi yang sudah lama mereka janjikan untuk PS4 via update ini.
Dengan semua fitur yang ditawarkan oleh update terbaru Yukimura untuk Playstation 4, konsol generasi terbaru Sony ini tampil jauh lebih optimal. Ada beberapa fitur esensial yang pantas diterima dengan tangan terbuka, seperti Back Up / Restore yang menjadi solusi bagi menipisnya kapasitas HDD seiring dengan semakin banyaknya game yang Anda miliki. Ia bahkan jauh lebih penting untuk gamer yang lebih menjadikan versi digital sebagai prioritas pembelian. Tidak perlu lagi pusing menghapus dan mengunduh kembali game lama sekedar untuk memberikan ruang bagi hadirnya game baru, Anda sekarang bisa menyimpannya di storage eksternal. Suspend / Resume yang kini tersematkan bersama dengan fitur Rest Mode juga pantas untuk diacungi jempol.

Namun, kekecewaan terbesar tetap mengakar pada fitur Share Play yang walaupun kini sudah mencapai 60fps, tetap tidak akan bisa dinikmati oleh gamer-gamer dari negara berkembang, seperti kami. Kebutuhan internet kecepatan tinggi yang kelewat menuntut tanpa ada alternatif solusi lain seolah menghapus semua kesempatan Anda untuk benar-benar bisa menikmatinya, setidaknya dalam waktu dekat ini.

Sumber:  http://jagatplay.com/2015/03/playstation3/review-firmware-2-50-yukimura-ps4-akhirnya-tiba-juga/2/

Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar