Review HP Pavilion 15 – P229AX: Notebook untuk Multimedia dan Gaming

HP Pavilion 15 - P229AX_4
Pada artikel kali ini kami akan menguji salah satu produk notebook/laptop berbasiskan APU AMD Richland dari HP. Seperti apakah kemampuan yang ditawarkan oleh APU AMD Richland yang disajikan pada produk Lenovo HP Pavilion 15 – P229AX? Temukan ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Spesifikasi & Platform Pengujian

Spesifikasi
ProcessorAMD A10 5745M

Speed 2.1 GHz Turbo Core 2.9 GHz
MemoriDDR3 4GB @1333 MHz (Single Channel)
StorageHard Disk 1TB
GraphicsAMD HD 8610G + Radeon R7 M260
Layar15.6″ IPS Panel
Resolusi1920 x 1080 pixel
InterkoneksiIEEE 802.11 b/g/n dan Bluetooth V4.0
USB2.01
USB3.02
Audio in/out1
Cardreader1
Ethernet1
Camera1
Optical DriveSuper Multi DVD
Baterai41Wh
Operation SystemMicrosoft Windows 8
Dimensi (mm)384.5 x 260.2 x 23.9
Berat (Kg)2.27

cpu-1113
Idle Clock
cpu-2915
Boost Clock

HP Pavilion 15 – P229AX diotaki prosesor AMD A10-5745M dengan base clock speed 2.1 GHz dan dapat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai 2.9 GHz pada saat sejumlah kondisi terpenuhi, seperti temperatur, penggunaan daya, serta jumlah penggunaan thread. HP mengombinasikan APU AMD Richland dengan memori DDR3 dengan kapasitas 4 GB dengan kecepatan 1333 MHz. Cukup disayangkan produk yang kami terima hanya menggunakan konfigurasi memori single channel di mana hal ini akan sangat mempengaruhi performa keseluruhan perangkat notebook/laptop tersebut. Sementara itu untuk storage, HP Pavilion 15 – P229AX yang kami terima menggunakan hard disk dengan kapasitas 1000 GB.
Radeon HD 8610G
Radeon R7M260
HP 15-p229AX dilengkapi graphics card terintegrasi Radeon HD 8610G pada APU AMD A10-5745M dan graphics card add on Radeon R7 M260. Peran graphics card terintegrasi akan segera digantikan oleh graphics card add on begitu aplikasi 3D seperti game dijalankan. Fitur Dual Graphics memang tidak ditemukan pada notebook ini terlebih mengingat Radeon R7 M260 harus dipasangkan dengan APU AMD Kaveri agar fitur tersebut aktif.
Radeon HD 8610G masih berbasiskan arsitektur GPU VLIW4 dan memiliki spesifikasi chip GPU 384 Stream Processor, 48 Texture Units, dan 8 ROP Units dengan nilai clock GPU 533 MHz dan clock memori 1600 MHz. Sementara itu untuk Radeon R7 M260 sendiri memiliki spesifikasi chip GPU 384 Stream Processor, 24 Texture Units, dan 8 ROP Units dengan nilai maksimum boost clock GPU 980 MHz dan clock memori 1800 MHz.

The Notebook

HP Pavilion 15 - P229AX_6
HP Pavilion 15 – P229AX memadukan warna silver dan hitam sehingga terlihat elegan dengan bahan alumunium dan plastik solid. Hal itu membuat notebook ini terasa solid ketika Anda pegang. Tidak terasa adanya ruang kosong di antara casing dengan komponen di dalamnya. Penggunaan layar berukuran 15.6″ membuat notebook ini terlihat bongsor dengan ukuran 384.5 x 260.2 x 23.9 mm. Bisa dikatakan, notebook ini kurang nyaman diajak mobile karena mempunyai berat hingga 2.27 kg belum termasuk charger dan kabel power yang harus Anda bawa menemani notebook ini.
HP Pavilion 15 - P229AX_8

Bila Anda lihat dari samping,  HP Pavilion 15 – P229AX tidaklah terlalu tipis karena mempunyai ketebalan 23.9 mm sehingga notebook ini dapat mengusung optical drive di bagian sampingnya. Pada bagian penutup layar LCD, HP mendesainnya cukup apik dengan warna silver serta logo HP berwarna hitam di tengahnya. Untuk penutup, bahan yang digunakan cukup solid sehingga dapat melindungi layar dari benturan yang akan mengakibatkan kerusakan.

Kelengkapan

HP Pavilion 15 - P229AX_10
Tampak depan
HP Pavilion 15 - P229AX_11
Tampak belakang
HP Pavilion 15 - P229AX_13
Audio in/out, SUB 2.0, Optical drive
HP Pavilion 15 - P229AX_12
Power slot, Ethernet, HDMI, USB3.0, Card reader

HP Pavilion 15 - P229AX_1
HP Pavilion 15 – P229AX menggunakan casing unibody sehingga membuat Anda tidak dapat melepas baterai sesuka hati. Anda harus melepas kompartemen pada bagian belakang secara keseluruhan untuk mengganti baterai. Hal ini juga berlaku bila Anda ingin melakukan praktek upgrade, menambah atau mengganti memory dengan kapasitas yang lebih besar dan mengganti storage dari hard disk ke SSD, atau untuk mengganti dengan kapasitas yang lebih besar.
Pada bagian samping, Anda akan mendapatkan beberapa port yang cukup menunjang Anda ketika sedang berada di meja atau sedang berada di luar ruangan. Pada bagian kanan, Anda akan menemukan Audio in/out, USB 2.0, dan optical drive. Sedangkan di bagian kiri Anda akan mendapatkan power plot, Ethernet, HDMI, USB3.0, serta card reader.
Menariknya, notebook HP Pavilion 15 – P229AX menggunakan tata suara yang di pasok oleh Beats Audio. Hal ini bukanlah pertama kali HP berkerja sama dengan Beats Audio. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut lama membenamkan sistem audio dari Beats Audio ini di berbagai produk yang telah ada di pasaran.
Layar berukuran 15.6″ dengan resolusi Full HD 1920×1080 membuat notebook ini sangat cocok menjalankan konten mutimedia seperti menonton film dengan resolusi HD. Bila Anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih besar, Anda tinggal menggunakan port HDMI untuk disambungkan ke LCD TV berukuran besar.

HP Pavilion 15 - P229AX_2

Masuk ke bagian dalam, HP Pavilion 15 – P229AX didominasi dengan warna hitam, tidak seperti bagian luarnya yang didominasi warna silver. Dengan dimensi yang cukup bongsor ini, HP menanamkan full keyboard yang mana Anda dapat menemukan Num Lock di bagian kanannya. Tuts keyboard yang diberikan juga nyaman digunakan karena menggunakan penampang tuts yang besar dengan desain chiclet. Trackpad yang terpasang juga cukup besar dengan fungsi klik kiri dan kanan yang menyatu. Ukuran yang besar ini akan membuat Anda dapat melakukan gerakan multi touch dengan baik.

Hasil Pengujian

PCMark 7

pcmark7 a
PCmark7
PCMark 7 Creativity berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan viewing, editing, transcoding, dan storing file foto dan video.
PCMark 7 Entertainment berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan recording, viewing, streaming, dan transcoding acara televisi beserta film. Performa sistem dalam melakukan importing, organizing, dan browsing file musik beserta bermain game juga diuji disini.
PCMark 7 Productivity berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan loading halaman werbsite dan menjalankan aplikasi office kelas rumahan.
PCMark 7 Computation berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa komputasi CPU dan GPU.
PCMark7 Storage berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa komponen storage pada sebuah sistem.

PCMark 8

pcmark8
PCMark 8 Home berisi sekumpulan beban pengujian dimana beban pengujian tersebut menggambarkan aktivitas pengguna pada umumnya pada sistem rumahan mereka. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing, Writing, Casual Gaming, Photo Editing, dan Video Chat.
PCMark 8 Creative berisi sekumpulan beban pengujian dimana beban pengujian tersebut menggambarkan aktivitas pengguna tingkat lanjut pada sistem rumahan mereka. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing, Photo Editing, Batch Photo Editing, Video Editing, Media To Go, Mainstream Gaming, dan Video Group Chat. Pengujian ini memiliki beban lebih berat dibandingkan PCMark 8 Home.
PCMark 8 Work berisi sekumpulan beban pengujian dimana beban pengujian tersebut menggambarkan aktivitas pengguna di lingkungan perkantoran. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing dan Writing.
PCMark 8 Storage berisi sekumpulan beban pengujian untuk mengukur performa komponen storage seperti HDD, SSD, dan Hybrid Drive. Pengujian ini akan menguji performa storage pada aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Adobe Photoshop, Adobe After Effects, World of Warcraft, dan Battlefield 3.

Cinebench

cine 11
cinebench 11
cinebench R15
Baterai Life Rating

 baterai


3DMark

3dmark v
3dmark11
3dmark sky drive
Setting: Default

Games

bioshock
batman
grid

Kesimpulan

HP Pavilion 15 - P229AX_9

HP Pavilion 15 – P229AX yang kami bahas kali ini ditawarkan oleh HP dengan desain yang menawan dengan perpaduan warna silver pada bagian luar dan hitam pada bagian dalam. Dimensi dari notebook ini cukup besar sehingga sedikit kurang nyaman untuk Anda yang mempunyai mobilitas tinggi dikarenakan beratnya yang mencapai 2,2kg lebih. Namun, layar sebesar 15.6″ sangat nyaman sekali untuk digunakan dalam jangka lama dan mata Anda akan lebih tidak mudah letih.
Untuk kinerja, notebook dengan prosesor AMD A10 Richland cukup dapat diandalkan untuk menunjang pekerjaan Anda. Berbagai aplikasi menengah keatas dapat berjalan dengan baik pada notebook ini. Sayangnya, daya tahan baterai kurang dapat diandalkan untuk pemakaian di luar ruangan karena notebook ini hanya dapat bertahan hidup sekitar 3 jam lebih dengan masa charging sekitar 2 jam lebih.
Pengolah grafis yang digunakan pada notebook HP Pavilion 15 – P229AX ini cukup dapat diandalkan untuk bermain game 3D dengan resolusi dan setting tertentu. Pada hasil test game di atas, Anda dapat melihat bahwa game yang kami ujikan dapat berjalan pada 30 FPS ke atas pada resolusi full HD tetapi dengan setting menengah kebawah. Kami sarankan Anda melakukan setting resolusi di bawah Full HF untuk dapat menggunakan kualitas grafis yang lebih baik, sehingga Anda mendapatkan tampilan yang lebih baik.
Bisa dikatakan HP Pavilion 15 – P229AX dengan besar layar 15.6″ akan sangat nyaman sekali untuk berkerja dan juga untuk menjalankan konten multimedia, seperti memutar film full HD. Notebook ini juga didukung dengan tata suara dari Beats Audio untuk dapat memberikan kualitas audio yang lebih baik dibandingkan notebook kebanyakan yang hanya menggunakan tata suara standard.
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar