Review Final Fantasy Type-0 HD

Fans hardcore dari franchise Final Fantasy punya dua alasan untuk merasa bersemangat menyambut tahun 2015. Alasan pertama adalah kedatangan Final Fantasy XV, meski belum disertai tanggal rilis yang pasti. Sedangkan yang kedua adalah karena Final Fantasy Type-0, yang merupakan salah satu game FF terpopuler di PSP, akan dirilis kembali dalam versi HD untuk konsol new-gen. Dan kali ini akan dirilis untuk pasar internasional!!
The Basics
Bagi yang belum pernah memainkan FF Type-0 (hal yang wajar mengingat game orisinalnya di PSP tidak rilis di luar Jepang), perbedaan yang mendasar antara FF Type-0 dengan game FF lainnya adalah gameplay-nya yang menekankan pada real-time combat. Kamu akan terjun dalam misi-misi yang umumnya melibatkan pertarungan melawan unit-unit "reguler", sampai akhirnya bertemu karakter boss dan sub-boss. Dalam setiap misi kamu akan memimpin grup beranggotakan tiga karakter dari total 14 pilihan karakter yang unik.
Menariknya, jajaran karakter playable yang dapat kamu mainkan cukup berbeda dari stereotype yang biasa ditemukan dalam genre RPG, terutama dalam hal kombinasi yang unik antara kelas karakter, abilities dan senjatanya. Misalnya saja, kamu dapat memainkan karakter spesialis serangan jarak jauh di mana senjatanya bukanlah busur dan panah ataupun senjata api, melainkan sekotak kartu layaknya Gambit dari X-Men. Ada juga karakter yang menggunakan cambuk rantai yang bisa menahan gerakan musuh dari kejauhan, serta mage yang menggunakan belati untuk beraksi di garis depan.
Sekali lagi, bagi gamer yang belum pernah mendengan soal FF Type-0, game ini bercerita seputar Class Zero, yaitu sebuah grup spesial yang terdiri dari 12 murid dari akademi magic bernama Vermillion Peristylium di sebuah wilayah yang disebut Dominion of Rubrum. Suatu ketika, kekuatan militer dari bangsa Militesi menyerang negara-negara tetangganya untuk merebut Crystal yang menjadi sumber kekuatan magic dan berbagai kemajuan sains dari setiap negara tersebut. Dan saat Militesi menyerang Rubrum, maka Class Zero dikerahkan untuk menghalau pasukan mereka yang dilengkapi mecha dan teknologi-teknologi perang canggihnya.
It Certainly is Not Easy Picking
FF Type-0 memiliki reputasi salah satunya berkat tingkat kesulitannya yang tinggi, di mana untuk bertahan hidup dalam setiap battle-nya kamu harus sigap dan selalu berpikir secara strategis. Satu hal yang sederhana tapi memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam combat adalah memilih karakter yang akan kamu kendalikan, dari tiga anggota grupmu sesuai dengan situasi combat yang kamu hadapi. Pasalnya, di setiap adegan combat kamu akan menghadapi situasi di mana tidak semua bisa diselesaikan oleh satu karakter saja, sedangkan AI yang mengendalikan dua karakter lainnya tidak selalu dapat membantumu dengan cara yang tepat. Hal ini ikut membangun sistem combat yang dinamis, yang tentunya akan semakin menarik jika nantinya kita bisa memilih anggota grup dari 14 karakter lain.
Tingkat kesulitan dalam combat juga datang dari variasi musuh dengan AI yang berbeda. Kamu akan menghadapi infanteri baik spesialis melee ataupun ranged attack, mahkluk aneh dan monster yang akan menerkam dan menyerang secara agresif, sampai dengan berbagai jenis mecha dengan perilaku combat yang akan membuatmu gregetan. Lawan yang bervariasi ini juga akan menuntut pendekatan yang taktis dan memaksamu untuk berpikir bagaimana cara yang tepat melawan mereka.
Salah satu fitur yang membedakan versi new-gen ini dengan Type-0 orisinal di PSP adalah gerakan kamera yang dapat diatur secara manual. Namun sayangnya, dikabarkan bahwa kamera atau sudut pandang ini seringkali tidak menempati posisi yang ideal, di mana tampilannya tampak terlalu dekat dengan karaktermu atau terlalu rendah. Bagi beberapa gamer hal ini mungkin bukan sesuatu yang mengganggu, tapi tentu saja akan lain cerita jika pertarungannya berjalan intens di mana kamu harus melawan banyak musuh sekaligus.
Agak disayangkan bahwa Final Fantasy Type-0 HD tidak benar-benar menampilkan visual yang setara dengan game-game new-gen lainnya. Namun dibanding versi PSP-nya, Type-0 HD menampilkan peningkatan yang cukup signifikan, dengan visual yang toh masih tergolong menawan. Yang jelas, FF Type-0 HD adalah kesempatan bagi gamer dari komunitas internasional untuk akhirnya memainkan game FF yang unik dan tampil berbeda dibanding "saudara-saudaranya", yang juga termasuk salah satu game FF paling sulit yang pernah ada.
Info Gamer: Can You Beat This?
Hebatnya, konon FF Type-0 orisinal benar-benar menyajikan tantangan yang sangat sulit, sehingga bahkan pemain-pemainnya di Jepang banyak yang mengeluhkan hal tersebut. Kejadian itu akhirnya mendorong pihak developer untuk menyiapkan pilihan tingkat kesulitan yang lebih rendah bagi Type-0 versi HD ini. Namun mereka tetap mendorong pemain untuk mencoba bermain dengan tingkat kesulitan orisinal yang dilansir akan memberikan pengalaman bermain Type-0 secara penuh.
Publisher: Square Enix
Developer: HexaDrive
Genre: Action RPG
Release: Maret 2015
Platform: PlayStation 4, Xbox One
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar