AMD Resmi RIlis GPU dan Prosesor Hemat Daya di Indonesia

Produsen chip ternama di dunia, Advance Micro Device atau yang biasa dikenal dengan AMD, secara resmi menghadirkan kartu grafis terbarunya, yakni AMD Radeon R9 285 di Indonesia. Perangkat yang pertama kali diperkenalkan dalam acara “30 Years of Graphics and Gaming” yang digelar pada tanggal 23 Agustus 2014 lalu ini merupakan produk penerus dari kartu grafis generasi sebelumya, Radeon R9 280.
“Sama halnya seperti produk sebelumnya, AMD Radeon R9 285 terbaru ini masih mengantungi sejumlah teknologi terbaru dan canggih dari AMD, seperti GCN (Graphic Core Next), dukungan DirectX 12, Manttle API, Crossfire, dan Zero Core,” ujar Frankie Widjaja, Component Business Lead AMD, dalam kegiatan AMD Media Day di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (25/09).
Frankie juga mengatakan jika Radeon R9 285 lebih menawarkan kunggulan di segi konsumsi daya listrik. Berbeda dengan seri R9 lainnya, R9 285 ini hanya mengkonsumsi daya listrik sebesar 190 watt. Konsumsi daya yang rendah ini terlihat dari penyematan teknologi Zero yang berfungsi sebagai penghemat daya. Zero Core bekerja secara otomatis mematikan power supply jika PC tidak terpakai dalam jangka waktu tertentu.
Dirancang bagi para gamer antusias, GPU teranyar AMD ini juga mampu memaksimalkan sistem Tonga Pro GPU. Dengan begitu gamer pun dapat memainkan sebuah permainan pada detail grafis yang maksimum. Tak sampai di situ, Radeon R9 285 menawarkan performa komputasi hingga 3,29 teraFLOPS pada kecepatan clock hingga 918 MHz.
Perangkat ini juga meggunakan memori GDDR5 sebesar 2 GB yang berjalan dengan memory interface 256-bit. Memory interface 256-bit ini dihadirkan guna mendukung teknologi terbaru dari AMD, yakni color compression. Teknologi color compression ini mampu membuat R9 285 dapat membaca dan menulis data dalam kondisi terkompres.
Spesifikasi lain yang juga ada dalam seri R9 lain adalah tersedianya full length display port, dua DVI outputs dan sebuah HDMI port. R9 285 hadir di berbagai vendor, seperti Gigabyte, MSI, ini dibanderol dengan harga 249 USD dan tersedia di pasar Tanah Air pada pertengahan Oktober 2014.
Bertepatan dengan perilisan Radeon R9 285, AMD juga memperkenalkan prosesor keluarga FX terbaru, yakni FX 8370e. Perangkat ini merupakan kelanjutan dari FX 8370 yang ditujukan bagi gamer enthusiast maupun penggemar overclocking. Prosesor 8 core ini juga memiliki TDP (Thermal Design Power) konumsi daya listirk yang rendah. Perangkat ini hanya mengkonsumsi daya 350 watt ketika gaming load dan 62 watt ketika dalam kondisi idle.
“Dengan TDP yang lebih rendah otomatis selain CPU lebih dingin, kebutuhan jumlah komponen dalam motherboard pun akan berkurang, sehingga masa penggunaan motherboard bisa lebih lama,” kata Alva Jonathan, PC Tech Entusiast yang dihadirkan AMD dalam acara AMD Media Day 2014 kemarin.
Prosesor ini juga dapat membiarkan sebuah program atau software untuk menggunakan seluruh core yang dimiliki dengan kecepatan yang disesuaikan. Dalam kegiatan kemarin, prosesor ini diuji overclock hingga kecepatan 4,3 Ghz dalam suhu ruangan yang tidak begitu dingin dan hanya berbekal stock cooling.
Hasilnya, kedelapan core tersebut berjalan di kecepatan 4,3 Ghz dan mampu merender dalam waktu yang cukup singkat. Berbeda dengan FX 8370, FX 8370e dibanderol dengan harga yang lebih murah, yakni hanya 199 USD dan masuk di pasar Indonesia pada pertengahan bulan Oktober 2014.
AMD juga seara khusus memperkenalkan program bundling game populer dari AMD, yaitu “Never Settle: Space Edition” di kegiatan AMD Media Day 2014 kemarin. Setiap pembelian kartu grafis AMD Radeon , pengguna bisa memilih tiga dari total 29 judul game berbeda, salah satunya adalah game Alien: Isolation dan Mustang Omega Variant Racer4 dari Accelerated Mass Design dalam Star Citizen
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar