Spesifikasi Monitor Yang Perlu Diperhatikan

Anda boleh mempunyai PC dengan komponen-komponen yang hebat ditambah dengan overclocking yang berhasil memacu kinerja processor dan kartu grafis, namun semua itu akan sangat sayang sekali jika output atau hasil yang dikeluarkan harus tampil pada layar monitor yang tidak mumpuni. Kualitas monitor yang pas-pasan tentunya akan membuat mubazir segala kelebihan PC hebat anda.  Jika anda pengguna rumahan yang menggunakan komputer untuk excel dan word memang tidak akan terlalu berpengaruh karena monitor lamapun sudah bisa mengakomodir semuanya.
Tapi gimana jika anda seorang pecinta gambar atau seorang desainer, photografer, animator, hingga gamer ? monitor yang anda butuhkan adalah yang bisa menghasilkan gambar yang tajam dengan tingkatan warna yang akurat dan banyak.
Ini adalah panduan singkat sehingga saya akan to the point memandu anda memilih monitor berdasarkan aspek-aspek terpenting yang harus anda perhatikan :

Ukuran dan Resolusi

Tentukan ukuran layar yang anda inginkan, 19, 21, 24, 27  ?  , ini silahkan disesuaikan sesuai kebutuhan. untuk bekerja kantoran yang 19-23 umumnya sudah cukup, yang lebih besar biasanya adalah pilihan para gamers,photografer dan animator.
Resolusi menentukan kepadatan dan ketajaman layar karena semakin besar resolusi. maka semakin kecil juga pixel-pixel yang menyusun gambar yang akan dihasilkan.  Ini membuat monitor dengan ukuran yang besar wajib mempunyai resolusi yang besar pula, agar gambar yang dihasilkan semakin tajam.
Panduan : Jika membeli monitor yang 24 inch ke bawah, maka usahakan pilih resolusi 1920×1080.  dan jika membeli monitor dengan ukuran 25 inch ke atas sebaiknya langsung cari yang mempunyai resolusi standar 2460×1440.

Refresh Rate dan Waktu Respon (Response Time)

Refresh Rate untuk sebuah monitor yang dipakai bermain game sangat amat penting karena akan menentukan jumlah gambar atau frame yang dihasilkan setiap detiknya. Monitor dengan refresh rate 60Hz, berarti mempunyai kemampuan menampilkan 60 gambar per detik.  dengan refresh rate yang tinggi, maka game bisa dimainkan tanpa gangguan gambar yang lag dan melambat.
Waktu respon suatu monitor menandakan waktu yang dibutuhkan oleh oleh monitor untuk mengganti warna pixel, dari hitam ke putih atau yang juga biasa disebut GTG (Gray To Gray), Monitor dengan waktu respon yang lambat, contoh : 16ms, akan menghasilkan gambar yang kabur atau berbayang pada gambar yang bergerak cepat , contoh mobil yang melaju.
Panduan : Cari monitor dengan response time 1ms – 5ms. dan refresh rate  75 Hz – 144 Hz.

Teknologi Panel

Teknologi panel yang digunakan monitor juga sangat menentukan warna, waktu respon, sudut pandang dan pencahayaan. Semua saling tindih satu sama lain, sehingga kadang kita harus mengorbankan satu demi yang lain.
TN = Twisted Nematic , menghasilkan waktu respon yang cepat tapi menghasilkan sudut pandang yang tidak terlalu bagus dan memproduksi warna yang tidak begitu cemerlang. Cukup penting untuk dipakai main game.
VA = Vertical Alignment Panel,  Mirip dengan TN tapi dengan ketajaman dan pencahayaan yang sangat baik ditunjang dengan sudut pandang yang lebih luas. Harga LCD dengan spesifikasi ini biasanya lebih mahal dari yang menggunakan TN.
IPS = In Plane Switching , Adalah monitor yang memberikan kedalaman dan ketajaman warna gambar sambil tetap mempertahankan sudut pandang yang baik, Teknologi ini cukup mahal untuk saat ini. Teknologi PLS dari Samsung mirip dengan IPS ini tapi dengan harga yang lebih terjangkau.
Panduan :  Jika anda seorang gamer, maka pilih TN untuk waktu respon yang cepat, sedangkan jika anda penikmat dan pecinta gambar tentunya  IPS adalah teknologi yang anda cari.

INPUT

Perhatikan yang sesuai dengan motherboard atau kartu grafis anda.

HDMI

HDMI telah menjadi standar untuk tampilan HD (High Definition) dan mendukung sinyal video yang sama dengan kabel DVI, perbedaannya adalah konektor HDMI berukuran lebih kecil dan juga menyertakan sinyal audio (hingga 6 channel / 5.1 surround sound).

DVI

Konektor DVI sudah agak ketinggalan jaman karena telah tergantikan dengan HDMI.

DISPLAY PORT 

Monitor dan kartu grafis yang mendukung antarmuka display port sudah menjadi semakin populer, dengan kemampuan yang setara dengan HDMI plus tanpa membutuhkan perangkat internal pada monitor sehingga membuat monitor bisa dibuat lebih tipis lagi. Tak kalah penting, antar muka ini bisa mendukung 4 monitor sekaligus dengan kabel cabang.
Panduan : Beli monitor yang setidaknya mempunyai HDMI dan Display Port Input.

Mencoba Lebih Baik.

Beda merk beda produk, masing-masing boleh mengklaim mempunyai refresh rate, respon time hingga kualitas gambar yang terbaik tapi pada dasarnya tidak ada ukuran yang paten untuk mengukur semua itu karena masing-masing pabrik mengukur dengan cara mereka. jadi jangan termakan dengan iklan dan kata-kata manis dalam produk feature mereka.  Jika bisa mencoba sendiri tentu akan lebih baik karena melihat dengan mata sendiri akan lebih meyakinkan.

Bingung, Tolong Pilihkan !

Weizzh…baik-baik.. jika anda betul-betul tidak sanggup memilih, saya akan menyarankan beberapa monitor (dengan ukuran yang berbeda) semoga bisa fit dengan kebutuhan anda.
SAMSUNG S22C650D 21.5″ 60Hz 5ms
Monitor ini memakai teknologi PLS (mirip IPS)  dengan inputan, resolusi dan waktu respon yang baik. Harganya masih di bawah 2 Jt
ASUS VX238H 24″ 75 Hz 1 ms
Monitor ini memakai teknologi TN dengan waktu respon dan resolusi yang baik. Harganya sekitaran 2.5 Jt.
ASUS VG248QE 24″ 144Hz 1ms
Monitor ini mempunyai resolusi 1080p. yang mana masih sesuai dengan ukurannya. memakai Teknologi TN dengan waktu respon dan refresh rate yang sangat baik.
ASUS PB278Q 27″ 60Hz 5ms
Resolusi dasar 2560×1440 dengan teknologi panel IPS/PLS , mempunyai gambar yang sangat tajam dan cerah. walau terbatas di refresh rate 60 HZ, monitor ini sangat direkomendasikan untuk para photografer dan animator.

Semoga anda menemukan monitor impian anda setelah mengetahui semua aspek yang penting untuk anda ketahui
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar