Review Legend of Grimrock 2

Ketika Legend of Grimrock pertama kali rilis, game ini menjadi contoh sempurna bahwa genre RPG tradisional masih dapat sukses dan disukai banyak orang. Tidak heran kalau developer Almost Human merilis Legend of Grimrock 2 sebagai sequel terbaru yang ditunggu-tunggu para penggemar. Pertanyaan terbesar dari Legend of Grimrock 2 adalah: apakah game ini dapat menampilkan kreativitas baru dalam konsep permainan grid-based, dungeon crawling, dan sistem roguelike yang selama ini menjadi ciri khas dari permainan RPG klasik?
Pure RPG Magic
Legend of Grimrock 2 adalah sebuah kotak puzzle yang isinya dipenuhi dengan rangkaian puzzle-puzzle rumit dan tantangan yang sangat sulit. Hal ini berhubungan dengan dunia permainan Grimrock 2 yang kini tampil berupa sebuah open world, sehingga kalian tidak lagi terbatas hanya menjelajahi dungeon saja. Fokus permainan masih tetap berkaitan dengan petualangan di dalam dungeon, tetapi ada kalanya pemain dapat menjelajahi hutan, pantai, sungai, dan area terbuka lainnya. Tidak seperti setting dalam game pertama yang menjebak pemain di sebuah dungeon, Grimrock 2 kini menampilkan empat karakter yang terdampar di sebuah pulau misterius, setelah perahu yang menawan mereka hancur akibat suatu insiden.
Narasi cerita dalam game ini tampil sederhana karena memang tidak menjadi fokus utama permainan. Daya tarik utama game ini masih tetap diserahkan kepada sistem permainan yang solid dan menantang. Kamu bebas untuk menciptakan keempat karakter tersebut, atau memilih dari preset yang sudah tersedia. Sejak awal permainan kamu juga mempunyai kebebasan untuk menjelajahi dunia permainan. Grimrock 2 masih tetap dimainkan serupa dengan pendahulunya. Party pemain yang berisikan empat orang tersebut bergerak dalam sebuah grid yang tidak terlihat. Kamu dapat menyerang musuh dengan menggunakan senjata atau magic yang dipakai oleh setiap karakter. Mekanisme ini terlihat sederhana, namun berhasil tampil sebagai sistem yang menantang, terutama dalam menciptakan keseimbangan antara keahlian pemain dan statistik karakter.
Meski terlihat sederhana, sistem pergerakan grid-based ini terbukti cukup sulit untuk dikuasai. Satu tekanan pada tombol direksional biasanya membuat party bergerak satu kotak. Tetapi jika terlalu banyak atau terlalu lama menekan tombol dapat membuat party kamu bergerak melebih langkah yang kamu inginkan. Dan satu gerakan yang salah dapat membuat party kamu terkena jebakan, jatuh ke dalam jurang, atau malah dibantai oleh musuh. Hal ini mendorong pemain untuk selalu berhati-hati dan selalu menyiapkan strategi dan taktik yang jitu pada setiap sesi permainan. Aksi pertarungan Grimrock 2 juga berlangsung secara real-time dan bukan berbentuk turn-based seperti yang biasa kita temukan pada RPG klasik. Ini artinya, jika kamu terlalu lama mendiamkan party atau meninggalkan keyboard untuk waktu yang lama, bisa saja setelah kembali kamu menemukan party milikmu tewas dan tulisan Game Over terpampang di layar.
Pengalaman bermain Grimrock 2 adalah kombinasi petualangan yang intens sekaligus horor. Meskipun banyak sekali pemandangan indah yang bisa ditemukan dalam game ini, tetapi hampir seluruh monster dan jebakan menanti di setiap penjuru. Grimrock 2 jelas bukan game yang mudah untuk dikuasai, karena sedikit kesalahan saja dapat berakibat fatal dalam setiap pertarungan. Tetapi tingkat kesulitan yang tinggi ini justru menjadi daya tarik tersendiri yang membuat Legend of Grimrock 2 tampil istimewa. Ada banyak sekali kejutan yang menanti di setiap penjuru, mulai dari AI yang lebih pintar sampai dengan kemampuan spesial yang bisa dilakukan oleh karakter-karakter yang kamu kendalikan.
Patience and Perseverance
Legend of Grimrock 2 adalah tipe game yang akan menguji ketekunan dan kesabaran pemain. Salah satu tantangan tersulit dari game ini adalah banyaknya rintangan puzzle yang akan kamu hadapi. Hal ini bukan berarti kalau desain puzzle dalam game ini tampil mengecewakan. Justru malah sebaliknya, banyak sekali puzzle yang di desain sangat kompleks dan seringkali mendorong pemain untuk berpikir di luar batas logika. Beberapa puzzle tidak bisa dipecahkan saat kamu menemukannya untuk pertama kali. Biasanya kamu harus menemukan item-item tertentu, atau memperoleh info yang hanya dapat didapat setelah menjelajahi area lain terlebih dahulu.
Di awal sampai menjelang pertengahan permainan, tipe puzzle seperti ini tidak terlalu menyulitkan. Namun menjelang akhir permainan, puzzle ini dapat membuat frustasi karena memaksamu untuk berputar balik dan memeriksa area-area sebelumnya, atau mencari info yang mungkin terlewatkan. Legend of Grimrock 2 mempunyai fitur dungeon editor untuk para pemain yang suka berkreasi dan ingin menciptakan dungeon sesuai impian. Fitur ini juga berguna untuk membuat komunitas terus aktif dalam menciptakan petualangan baru yang menarik dan tidak membosankan.
Kelebihan utama Grimrock 2 adalah kemampuan untuk menciptakan dunia permainan yang penuh dengan variasi. Sebagai sebuah sequel, Legend of Grimrock 2 berhasil menyempurnakan konsep klasik yang terbukti sudah digemari sejak penampilan Legend of Grimrock pertama. Para penggemar genre seperti ini dijamin akan menyukai Legend of Grimrock 2. Tetapi dedikasi pihak developer untuk mempertahankan tradisi ini juga membuat Legend of Grimrock 2 sulit untuk disukai para pendatang baru. 
Scoring: 8.5/10
Publisher: Almost Human
Developer: Almost Human
Genre: RPG
Platform: PC
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar