Review ASUS ROG Whetstone: Mousepad Gaming Andalan nan Keren!


Whetstone, batu asah untuk mempertajam permainan Anda!
Whetstone, batu asah untuk mempertajam permainan Anda!
Mousepad; sama seperti perangkat gaming lainnya, adalah satu elemen yang mampu menentukan kemenangan dan kekalahan. Ketika Anda memainkan game untuk rekreasional saja, pentingnya perangkat gaming ini tidak begitu terasa. Namun, lain masalahnya bila Anda mulai meningkatkan level permainan ke tingkat pertandingan, E-Sports, atau setidaknya bermain multiplayer melawan orang lain. Pada momen tersebut, peningkatan sesedikit apapun akan menentukan hasil dari pertandingan yang Anda ikuti.
Tingkatan kinerja mousepad sendiri beragam, bahkan ketika berbicara untuk grade gaming saja. Berbeda dengan mousepad biasa, kelas gaming memiliki peningkatan yang didukung teknologi canggih dalam pembuatannya, terutama ketika menyangkut bentuk permukaan atas, bahan pembuatan, dan kemampuan mencengkram dari karet yang ada di permukaan bawahnya. Ketiga hal inilah yang perlu diperhatikan dengan seksama ketika Anda memilih mousepad untuk menemani sesi bermain.
Sebagai salah satu produsen terkemuka di bidang perangkat gaming, ASUS Republic of Gaming (ROG) tidak mau kalah bila menyangkut mousepad gaming andalan. ASUS ROG Whetstone merupakan mousepad gaming dengan beragam elemen yang pas, baik dari sisi bahannya maupun fungsi ketika digunakan untuk bermain game. Wajar saja, selain ROG memang diciptakan sebagai jajaran perangkat Premium Gaming, mousepad ini juga dirancang dengan melibatkan tim E-Sports Taipei Assassins!

Desain Suku Maya

Satu hal yang langsung menarik perhatian ketika berbicara mengenai tampilan Whetstone adalah bentuk permukaannya. Alih-alih menggunakan permukaan halus layaknya mousepad gaming lain, Whetstone membubuhkan ukiran khas suku Maya kuno di sana. Desain ini sangat berani dan harus diakui langsung membuat siapapun yang melihatnya tertarik.
Ukiran tribal suku Maya pada mousepad ini mampu menarik perhatian gamer lain
Ukiran tribal suku Maya pada mousepad ini mampu menarik perhatian gamer lain
Keberadaan ukiran tersebut sebenarnya bukan konsep sembarangan. Sebab, semenjak ASUS mengumumkan jajaran perangkat Premium Gaming ROG pada CES 2015 awal tahun ini, pola Maya kuno tersebut telah terlihat pada produk terbarunya yang diumumkan di sana, seperti mouse gaming ROG Sica. Anda juga dapat menemukan pola tersebut pada badan PC kelas Premium ROG G20.
Hal menarik yang ditawarkan oleh Whetstone tidak terbatas pada kosmetiknya saja. Bahan yang digunakan untuk membuat mousepad ini sendiri juga berasal dari kelas atas, yaitu silikon. Mengapa tidak menggunakan bahan karet atau kain biasa? Ternyata silikon mampu memberikan dua kelebihan pada Whetstone bila dibandingkan mousepad biasa, yaitu kekuatan dan kelenturan.
Fakta yang telah menjadi rahasia umum bagi produsen perangkat gaming  adalah gamer bisa jadi sangat kasar ketika bermain game, terutama ketika berada di titik paling menentukan dalam permainan. Itulah sebabnya kekuatan perangkat gaming menjadi perhatian utama dalam pembuatannya. Anda tentu pernah melihat atau mengalami sendiri tendensi kasar gamer tersebut, misalnya membanting mouse ke meja atau menggebrak keyboard.
Mousepad juga tidak luput dari perangai tersebut. Seringkali gamer menarik mousepad dengan kasar bila ia bergeser ketika sedang berada di tengah pertempuran panas. Kekuatan yang diberikan oleh bahan berbasis silikon dalam Whetstone membuatnya mampu menahan siksaan gamer tersebut. Selain itu, bahan ini membuat pangkal lengan Anda lebih nyaman ketika menggunakannya.
Karet di bawah mousepad mampu mencengkram beragam jenis permukaan meja
Karet di bawah mousepad mampu mencengkram beragam jenis permukaan meja
Rasa sakit pada pangkal lengan kanan ketika menggunakan mousepad merupakan masalah yang selalu diderita gamer. Biasanya, rasa sakit itu disebabkan oleh gesekan pangkal lengan dengan sudut tajam di tepian mousepad. Hal ini sering terjadi pada mousepad gaming berbasis bahan keras. Penggunaan silikon pada Whetstone mencegah terjadinya masalah tersebut. Berkat bahan tersebut, tebal mousepad dapat ditekan hingga 2 mm saja dan pada saat bersamaan masih mampu mempertahankan keempukannya. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menemukan tepian luar yang dimodifikasi supaya tidak tajam.


Mempertajam Permainan

Sesuai dengan namanya, Whetstone (batu asah) mampu mempertajam permainan Anda, terutama bila Anda terlibat dalam game yang mengandalkan akurasi, seperti game action shooter dan real time strategy. Hal ini dapat terwujud berkat bantuan permukaan mousepad yang bermotif ukiran suku Maya kuno. Rahasia dari peningkatan akurasi dan kontrol mouse pada batu asah ini sebenarnya bukan terletak pada motif tersebut, melainkan kontur permukaan mousepad.
Elastisitas Whetstone membuatnya mampu digulung tanpa khawatir rusak
Elastisitas Whetstone membuatnya mampu digulung tanpa khawatir rusak
Mouse yang Anda gunakan, terutama bila telah termasuk dalam gaming grade, mengandalkan kontur permukaan meja atau mousepad untuk dapat bekerja dengan baik. Sensor pada mouse menangkap lekukan mikroskopis pada permukaan yang terkena laser atau cahaya yang ditembakkannya. Jadi, semakin kecil dan teratur lekukan itu, maka pengendalian mouse akan meningkat. Bahan yang melapisi permukaan mousepad sendiri  juga memberi andil pada seberapa baik respon sensor.
Ternyata Whetstone memiliki kelebihan pada elemen ini. Ketika kami menggunakannya untuk memainkan beragam jenis game, mulai dari action, shooter, strategy, hingga simulasi, sangat terasa tingginya kualitas akurasi yang dihasilkan. Membidik menjadi lebih mudah; begitu juga dengan respon ketika ingin menggerakkan pointer mouse ke beberapa tempat di layar permainan dengan cepat.
Ukiran pada mousepad ternyata tidak memberikan gesekan dan getaran yang mengganggu kenyamanan bermain dalam waktu lama. Mouse juga tidak pernah memberikan kesan tersangkut pada kontur ukiran tersebut. Padahal awalnya kami cukup khawatir “kosmetik” yang disertakan pada mousepad ini dapat merusak kemampuan sensor mouse untuk menangkap feedback cahaya atau laser.
Hal lain yang cukup menarik adalah kemampuannya untuk memberikan cengkraman pada permukaan meja tempat Anda bermain. Karet di bagian bawah mousepad ternyata bekerja dengan sangat baik untuk mengantisipasi beragam tingkat kelicinan. Ketika kami menggunakannya di beragam jenis permukaan meja, termasuk di dalamnya meja kayu dan meja kaca, Whetstone mampu melekat dengan baik.
Whetstone tahan air dan mampu dibersihkan dengan mudah menggunakan kain
Whetstone tahan air dan mampu dibersihkan dengan mudah menggunakan kain
Elastisitas yang dimiliki Whetstone berkat bahan silikon membuatnya dapat Anda gulung dengan mudah. Kondisi ini sangat membantu bila Anda ingin membawanya ke luar rumah atau Game Center. Cukup gulung dan masukkan ke dalam tas. Ukurannya yang pas juga sangat membantu ketika membawanya di dalam tas. Whetstone berukuran 320×270 mm, sekitar 2/3 dari panjang keyboard standar PC.
Kelebihan lain yang perlu Anda ketahui dari Whetstone adalah ia tahan air. Bila Anda tanpa sengaja menumpahkan air minum ke mousepad ini, skenario yang sering terjadi di sekitar gamer, maka Anda hanya perlu menyekanya saja dengan kain lap. Anda juga dapat mencuci mousepad ini dan mengeringkannya dengan menyekanya saja!
Paket penjualan Whetstone disertai stiker ROG untuk ditempel di perangkat gaming Anda
Paket penjualan Whetstone disertai stiker ROG untuk ditempel di perangkat gaming Anda

Kesimpulan

ASUS ROG Whetstone merupakan mousepad gaming yang dapat diandalkan untuk membantu Anda memenangkan pertandingan. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, selain itu ia dibuat dari bahan yang kuat kuat serta elastis. Permukaannya yang keren karena dihiasi ukiran khas suku Maya kuno ternyata juga mampu membuat mouse gaming, terutama mouse dari jajaran ROG, meningkat akurasinya.

Sumber:  http://jagatplay.com/2015/03/news/review-asus-rog-whetstone-mousepad-gaming-andalan-nan-keren/

Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar