Hard Disk : HDD vs SSD vs Hybrid, Sata Speed dan Disk RPM

Seagate, Western Digital , Hitachi , Toshiba dan Samsung adalah pemain terkenal di ranah tempat penyimpanan data-data yang selama ini kita pakai. Ukuran yang tersedia dipasaran juga beragam mulai dari hitungan GigaByte hingga TeraByte. Dalam sebuah PC, peranan hard disk sangatlah vital karena selain sebagai gudang penyimpanan dokumen foto dan musik, hard disk juga mengelola file dari sistem operasi yang menjalankan komputer anda.
HDD, Hybrid dan SSD
HDD, Hybrid dan SSD

Hard disk Apa Yang Harus Dibeli ?

Pertama-tama cek motherboard mu , interface apakah yang tersedia dan dapat digunakan untuk Hard diskmu.  Interface Hard disk beragam mulai dari: Sata I :  interface dengan kecepatan 1.5 gb/s (gigabit). Sata II : Interface dengan kecepatan 3 gb/s Sata III : Interface dengan kecepatan 6 gb/s M.2 : Interface tambahan khusus untuk SSD dengan kecepatan 10 gb/s

Jenis – Jenis Hardisk

Hard disk yang akan sering anda temui adalah standard HDD (Hard Disk Drive) , HHDD (Hybrid Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). HDD : Adalah jenis standard hard disk yang kita kenal sejak lama, Terdiri atas piringan hitam sebagai media penulisan dan pembacaan data dengan ukuran 3,5 inch untuk Desktop (PC) dan 2,5 inch (Laptop dan External). SSD : Adalah jenis terbaru hardisk yang tidak memakai piringan sehingga lebih aman digunakan untuk komputer bawaan/laptop. Kecepatan SSD sangat cepat  dibandingkan yang lain walau dengan interface yang sama dikarenakan bentuk media dan cara pengaksesan data yang berbeda. SSD juga memiliki interface khusus yaitu M.2 , yang memiliki kecepatan hampir dua kali lipat dari Sata III. SSD ini biasanya digunakan hanya untuk booting (menyimpan data OS dan program-program) dikarenakan harganya yang sangat mahal dengan kapasitas yang kecil. Memakai SSD dengna interface yang cepat (Sata III atau M.2) akan membuat komputer anda mempunyai kecepatan yang luar biasa saat booting standard (3-5 detik), dan membuka program-program dengan sangat cepat pula gak pakai lama seperti saat memakai HDD standard. HHDD : Adalah jenis gabungan hard disk standard dengan SSD.  memiliki kecepatan ditengah-tengah antara HDD dan SSD.

Yang Penting Diperhatikan Saat Membeli Hard Disk

  • Interface = Menentukan kecepatan transfer data dari dan ke Hard disk.
  • RPM = Kecepatan putaran piringan, mempengaruhi kecepatan pembacaan data pada hard disk , 7200 dan 10000 adalah kecepatan yang sekarang banyak digunakan.
  • Cache = Memory cadangan untuk sebagai buffer atau penyimpanan sementara yang menampung data-data acuan untuk pengaksesan berbagai data sehingga akses akan lebih cepat. 32 MB atau 64 MB  sudah bagus.
  • Kapasitas = Ini yang terpenting, menentukan berapa banyak data yang bisa tersimpan. Selain SSD, Hard disk seharusnya sudah berukuran 1 TB ke atas

Itulah beberapa hal penting yang wajib diperhatikan saat anda berbelanja Hard Disk, adapun masalah pada hard disk anda seperti : sering error saat pembacaan data, akses yang sangat lambat , anda boleh mencoba beberapa kiat-kiat ini :
  1. Scan Disk dan bersihkan semua yang tidak terpakai.
  2. Hapus program yang sudah tidak penting.
  3. Lakukan Defragment secara menyeluruh.
  4. Lakukan pencabutan dan pemasangan ulang Hard Disk , colok pada slot terendah (RAID 0) .
  5. Instal ulang Windows.
Semoga seluruh informasi tentang hard disk ini bisa berguna buat anda dan menjadi panduan untuk pembelian anda selanjutnya karena hard disk merupakan bagian vital dari sebuah komputer.
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar