Review Loadout

Review Loadout – Third Person Shooter Gratis Yang Bikin Nagih!
Loadout adalah sebuah game third person shooter gratis yang baru saja dirilis oleh game developer indie Edge of Reality yang pernah terlibat dalam berbagai pengembangan game AAA seperti Dragon Age: Origins, The Sims 3 dan Mass Effect. Loadout sendiri mendulang popularitas cukup tinggi, terbukti pada saatreview ini dibuat Loadout sudah mencapai posisi kesepuluh dalam jumlah pemain terbanyak di Steam, yaitu 29 ribu lebih. Apa sih yang membuat game ini begitu populer?
Loadout merupakan game third person shooter yang sangat kompetitif, dimana kamu memainkan satu dari tiga karakter yang terinspirasi dari aktor-aktor filmaction terkenal seperti Rambo dan bertarung melawan pemain lain menggunakan berbagai senjata yang penuh kustomisasi.
Jika saya disuruh menjelaskan Loadout ke orang yang belum pernah memainkannya, maka saya akan mengatakan bahwa game ini adalah Battlefield 4 versi third person versi ‘lebay’ dimana senjata realistis milikmu bisa diubah menjadi peluncur roket yang mampu membuat kaki lawanmu hilang sepenuhnya atau malah menyembuhkan luka temanmu. Kemudian avatar yang terlihat seperti prajurit siap perang menjadi Rambo dengan badan, mulut dan mata yang berukuran terlalu besar, serta tidak ada tembok tempat kamu bersembunyi, karena bagi Rambobersembunyi itu hanya untuk banci.
Loadout | Screenshot 1
Loadout menjadi game dengan gaya grafis yang sangat kocak dan tidak ragu untuk menunjukkan segala bentuk kekerasan se-vulgar apapun. Justru berkat gaya grafisnya yang sama sekali tidak terlihat menakutkan akan membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal saat sang Rambo masih terus bertarung dengan punggung yang bolong atau menghabiskan napas terakhirnya untuk merangkak meninggalkan setengah badannya sambil berteriak dengan mulutnya yang super besar.
Lagipula setelah menikmati pemandangan kocak ini sang Rambo akan bangkit lagi dan kamu akan kembali bertarung, dengan harapan kali ini kamu yang menyaksikan lawanmu merangkak dan tewas dengan tubuh penuh dengan ratusan bola besi berduri yang kamu tembakkan.
Tidak ada saat dimana kamu bisa berdiri diam dan bersantai di Loadout. Kamu akan selalu melompat, berlari, berguling, menembak, atau melakukan keempat hal tersebut sekaligus saat kamu sedang bertempur. Bisa dikatakan, Loadout menjadi salah satu game third person shooterdengan tingkat kekacauan tertinggi yang pernah saya mainkan selama ini dan jantung saya tidak pernah berhenti berdegup kencang setiap kali saya bertempur.
Loadout | Screenshot 2
Jika kamu memainkan Battlefield, Call of Duty, atau game FPS lainnya sebagaisniper dan menghabiskan kebanyakan waktumu berdiam diri di satu tempat untuk membunuh lima lawanmu sebelum akhirnya ditusuk dari belakang oleh lawan yang sangat kesal, di Loadout kemungkinan besar kamu akan berhasil membunuh satu lawanmu setelah ditusuk sepuluh kali oleh lawan.Loadout adalah gamedengan tingkat pacing yang sangat tinggi, dan jika kamu mau menjadi spesialissniper, kamu harus mulai melatih respons menembakmu, karena tidak akan ada target empuk yang sedang jongkok bersembunyi di belakang batu atau berdiri tegak menunggu untuk ditembak.
Sayangnya masalah server mungkin akan menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi kita yang bermain dari Indonesia. Saat ini baru tersedia server berlokasi di Amerika, Eropa dan Australia. Selama ini koneksi terbaik bisa saya dapatkan dari Amerika dan Australia, dan itupun ping saya selalu paling tinggi di setiap pertandingan, yaitu di atas 100.
Tentunya untuk sebuah game yang begitu kompetitif dan tingkat pacing super tinggi hal ini menjadi masalah yang cukup besar. Selain itu Loadout masih memiliki masalah server, entah karena overload atau memang terdapat bug. Saya sempat menunggu 20 menit lebih bersama teman saya di lobi dan kami gagal mendapatkan room. Hal ini tidak terjadi saat saya bermain solo beberapa jam sebelumnya. Saya hanya bisa berharap masalah ini bisa cepat diperbaiki.
Loadout | Screenshot 7
Sistem combat yang ditawarkan di Loadout sebenarnya sudah cukup mengesankan, namun gameini tidak berhenti disitu. Saat ini saya cukup yakinLoadout memiliki sistem modifikasi senjata paling keren yang pernah ada. Game yang paling mendekati dalam aspek ini mungkin hanya Worms 3D di PlayStation 2, dimana kamu bisa memodifikasi senjata khususmu untuk memiliki berbagai atribut berbeda. Loadout menawarkan sistem modifikasi yang sangat modular dimana kamu bebas mengubah berbagai bagian dari senjatamu untuk mendapatkan atribut yang pas denganmu.
Loadout | Screenshot 3
Loadout | Screenshot 4
Saat saya memulai modifikasi senjata, saya mengubah tipe peluru yang sebelumnya berbentuk peluru konvensional menjadi laser, yang kemudian saya ubah elemen pelurunya menjadi healingyang mengubah fungsi senjata saya dari yang semula untuk membunuh lawan menjadi untuk menyembuhkan luka teman. Kemudian saya kembali mengubah sistem pendingin yang membuat senapan laser penyembuh saya lebih tahan lama namun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan luka. Lalu… Sebaiknya kamu coba sendiri.
Sistem modifikasi ini benar-benar memukau dan saya menghabiskan waktu lebih dari 20 menit untuk mengutak-ngatik dan melakukan tes untuk mendapatkan satu senjata yang paling “gue banget”, yaitu senapan laser listrik tegangan rendah (serangan kecil) dengan sistem pendingin (tidak cepat overheat) dan sensor x-rayterbaik dikelasnya (alah!).
Fitur mencengangkan dari Loadout masih belum berhenti. Satu lagi fitur menarik yang ditawarkan oleh game ini adalah Tech Tree, yaitu hierarki teknologi yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan performa dari tiap senjata yang kamu gunakan. Apakah sniper milik kamu belum menghasilkan cukup banyakdamage? Tingkatkan level laras panjangnya! Atau lasermu terlalu cepat overheat?Tingkatkan level pendinginnya! Kamu bisa menggunakan uang in-game untuk meningkatkan level tech tree. Namun berbagai parts yang kamu gunakan juga bisa meningkat levelnya setelah mendapatkan XP yang cukup jika kamu sering menggunakan senjata tersebut. Fitur ini memberikan kamu alasan untuk terus bertarung demi mendapatkan XP atau uang untuk semakin memperkuat senjatamu.
Loadout | Screenshot 5
Bagaimana dengan IAP? Tentunya sebagai game Free to Play, Loadout memiliki sistem IAP, dan mantapnya mata uang IAP hanya digunakan untuk hal yang tidak mempengaruhi gameplay seperti kostum dan slot karakter. Sebenarnya kamu juga bisa membeli boost yang akan meningkatkan jumlah uang in-game yang kamu dapat dari setiap permainan, namun jumlah yang kamu dapat sebenarnya sudah sangat cukup untuk unlock parts atau untuk meningkatkan level tech secara instan jika kamu bersedia menabung sebentar.
Yang mungkin agak saya sayangkan adalah biaya kostum yang sangat mahal. Sebenarnya saat saya mencoba game ini saya ingin “menyumbang” sedikit untuk mendapatkan kostum keren sekaligus mendukung game keren ini, namun setelah saya sadar bahwa satu set kostum dari helm sampai sepatu dipatok dengan harga sekitar Rp 360.000, saya memutuskan untuk menyimpan uang itu untuk membeligame baru saja.
Segala kostum yang ditawarkan cukup keren, dan sayangnya tidak ada satupun yang bisa kamu beli menggunakan uang in-game. Artinya jika kamu tidak pernah mengeluarkan uang (seperti kebanyakan pemain lainnya), karaktermu akan terlihat sama persis seperti hampir semua pemain lain. Namun seperti yang saya telah sebutkan sebelumnya Loadout sendiri baru dirilis dua hari yang lalu, dan saya sangat berharap pihak developer akan mengeluarkan kostum-kostum yang bisa dibeli menggunakan uang in-game.
Loadout | Screenshot 6
Bagi kamu yang rela merogoh kocek cukup dalam, kamu akan menemukan berbagai item unik dan keren. Gambar di atas adalah Rambo yang sedang memakai kostum marine dari film layar lebarAliens dan menggunakan gaya ejekan Gangnam Style. Masih banyak lagi item keren seperti kostum jas lengkap ala Man in Black dan gaya ejekan ala Michael Jackson.
Rasanya saya tidak perlu memberi tahu lagi pendapat saya tentang Loadout, karena sudah terlihat dengan sangat jelas bahwa saya sangat terpukau dengangame ini. Jika kamu mencintai game third person dan first person shooterkompetitif seperti Gears of War, Battlefield series, CoD series,dan lainnya, saya yakin kamu akan sangat menyukai game ini. Kalau kamu tidak pernah memainkangame tersebut, tetap coba saja! Kemungkinan game ini bisa menjadi awal jatuh cintanya kamu dengan game shooter kompetitif!
Steam Link: Loadout, Free
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar