Review Dust 514

Dust 514
One of the most complex and awesome FPS!!
EVE Online tampil sebagai salah satu MMORPG paling kompleks dan sering dimainkan. Sampai sekarang game ini terus berkembang dan menjadi game online terpopuler dengan jumlah pemain yang mencapai lebih dari ratusan ribu orang. Sehubungan dengan hal ini, developer CCP mulai kewalahan dalam mengurus dunia permainan yang semakin luas, di mana hampir seluruh aktivitas dalam dunia tersebut saling terhubung satu sama lainnya.
Akhirnya CCP berusaha merilis sebuah proyek game ambisius berjudul Dust 514 untuk PlayStation 3 dan PlayStation Vita. Dust 514 tampil sebagai game FPS yang berhubungan langsung dengan dunia virtual Eve Online. Yang membuat Dust 514 tampil mengesankan adalah bagaimana EVE Online sendiri, yang merupakan game PC, dapat mendeteksi dan menganalisa data permainan Dust 514 yang berjalan di platform PlayStation 3 melalui media PlayStation Network. Konsep ini membuat Dust 514 menjadi game console pertama yang data permainannya dapat mempengaruhi dunia permainan PC secara real-time!!
Sementara EVE Online terus mengembangkan dunia permainannya dalam skala global, Dust 514 memfokuskan permainan secara lebih mendetail dengan mempengaruhi planet-planet yang ada. Dengan kata lain, para pemain EVE Online yang sudah mempunyai perusahaan dan menguasai planet-planet tersebut, dapat memberikan misi-misi dalam planet, yang akan diterima oleh para pemain Dust 514.
Dust 514 Gameplay
Melihat dari mekanisme permainan, Dust 514 tampil seperti layaknya game FPS pada umumnya. Namun game ini mempunyai kelebihan utama dalam sistem customization yang sangat bervariasi dan penuh fitur. Game ini tidak hanya memberikan pemain kebebasan untuk memilih senjata, tetapi kalian juga dapat meng-customize peralatan, granat, kendaraan perang dan lain sebagainya. Semua senjata, armor dan kendaraan dalam game ini tampil “nyata”, dalam arti jika kendaraan pemain hancur, atau karakter pemain tewas dalam pertempuran ketika membawa senjata tertentu, maka kendaraan dan senjata tersebut akan hilang secara permanen.
Melalui sistem customization, pemain dapat memilih berbagai macam tweak seperti sekuat apa shield yang digunakan, sebesar apakah regenerasi nyawa karaktermu, termasuk menentukan persenjataan yang akan digunakan dalam medan peperangan. Pemain juga dapat menentukan jenis armor/suit yang digunakan, di mana semakin kuat armor mereka maka semakin banyak pula senjata yang bisa dibawa. Setiap armor juga tampil dengan status dan kemampuan yang unik.
Kenyataan bahwa persenjataan dan peralatan pemain dapat menghilang secara permanen membuat kerja sama antar tim menjadi hal yang sangat penting. Dust 514 adalah game yang mendorong pemain untuk saling bekerja sama jika ingin menyelesaikan misi dengan sempurna. Dust 514 juga menampilkan sistem ekonomi yang ikut mempengaruhi perekonomian dalam dunia permainan EVE Online, dan juga sebaliknya. Sebagai contoh: seorang pemain yang sudah menjadi pengusaha dan kaya raya dalam EVE Online, dapat menentukan harga peralatan dan persenjataan Dust 514 menjadi mahal sehingga malah menciptakan inflasi dalam permainan. Hal-hal seperti ini membuat permainan Dust 514 berjalan dinamis dan selalu berubah-ubah.
Dust 514 adalah visi CCP tentang seperti apa game FPS yang sesungguhnya. Game ini tampil dengan setting perang sci-fi lengkap dengan senjata, prajurit, dan kematian seperti layaknya game FPS. Tetapi daripada menampilkan sistem XP, unlockables dan perks, Dust 514 menampilkan sebuah dunia permainan yang interaktif. Setiap kemenangan dalam permainan Dust 514 ikut merubah sistem politik dan perekonomian EVE Online. Planet-planet yang menjadi lokasi peperangan adalah planet-planet yang tampil dalam dunia permainan EVE Online. Setiap musuh yang dikalahkan adalah para pemain yang ditugaskan dari pihak saingan dalam EVE Online. Dan terakhir, profit yang diperoleh dalam menyelesaikan misi ikut membantu keuntungan yang diterima dalam persaingan ekonomi di dunia permainan EVE Online.
The Vision of Dust
Integrasi Dust 514 dengan EVE Online membuat pemain tidak hanya sekedar memainkan multiplayer game. Setiap prajurit dalam Dust 514 memegang peranan penting dalam permainan, bukan sekedar prajurit yang bertugas mengalahkan musuh saja. Pemain EVE Online bahkan bisa menyewa para prajurit Dust 514 untuk menghancurkan sebuah sistem radar di planet milik saingan, di mana hal ini membuat pihak saingan kehilangan intel sehingga mendatangkan kerugian besar. Atau contoh lain yang lebih menarik, seorang pengusaha kaya di Eve Online dapat menyewa pasukan Dust 514 untuk merebut wilayah kekuasaan di planet milik perusahaan saingan!! Jadi pemain EVE Online dapat melihat para pemain Dust 514 sebagai sebuah asset yang dapat membantu mereka dalam persaingan melawan saingan di dunia EVE Online.
Pemain Dust 514 juga dapat memperoleh hasil dari kerja keras mereka dalam membantu pemain EVE Online. Mereka dapat menguasai sebuah distrik dalam planet tersebut, atau bahkan menguasai planet seluruhnya, sehingga kalian dapat membentuk sebuah pasukan yang menguasai planet tersebut.
The Bottomline
Dust 514 adalah proyek yang ambisius dengan konsep permainan unik, yang berhasil menggabungkan dua genre permainan berbeda dalam platform yang berbeda pula. Sayangnya game ini harus bersaing dengan maraknya game-game FPS di dunia gaming sekarang ini. Dust 514 sekarang imasih berada dalam pengembangan dan sewaktu-waktu dapat berubah. Namun jika melihat dari apa yang telah dipresentasikan, Dust 514 mempunyai potensi yang baik untuk membawakan sebuah terobosan baru.
Info for Gamer – EVE Online
EVE Online adalah game online buatan CCP Games yang menggunakan sistem persistent-world. Dunia permainan dalam game ini dibentuk seluruhnya oleh pemain. Mulai dari sistem perekonomian, politik, perang dan lain sebagainya, semua hal ini ditentukan oleh para pemain yang menghuni dunia permainan EVE Online. Pemain dapat meng-customize pesawat, menguasai lebih dari 7500 sistem tata surya, dan turut berpartisipasi dalam berbagai macam aktivitas seperti mendirikan perusahaan, menambang mineral, membuat produk, melakukan transaksi jual-beli, menjelajahi luar angkasa, atau bahkan menjadi seorang pembajak!!
Publisher: CCP, Sony Computer Entertainment
Developer: CCP Games
Genre: MMOFPS
Release: TBA
Platforms: PlayStation 3, PlayStation Vita
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar