Review Stan Lee’s Hero Command

 Review Stan Lee’s Hero Command – Bertualang Bersama Pencipta Superhero Marvel
Kita sudah sering memainkan game bertema superhero, namun sadarkah kita ada seseorang yang lebih super di balik itu semua? Ya, tidak lain tidak bukan adalah pencipta superhero itu sendiri. Memikirkan konsep kekuatan superhero, kostum yang akan digunakan, dan cerita yang disajikan bukanlah tugas yang mudah untuk diemban manusia biasa. Nah sebagai salah satu apresiasi terhadap pengarang komik superhero, Stan Lee, saya akan melakukan review terhadap game Stan Lee’s Hero Command.
“Siapa sih Stan Lee itu?” Dia adalah pengarang berbagai macam superhero Marvel seperti Spider-Man, Iron-Man, Captain America, dan masih banyak lagi superhero lainnya yang tidak mungkin saya sebutkan satu per satu.
Di game Stan Lee’s Hero Command kamu tidak akan memainkan superhero yang sudah terkenal. Kamu hanya akan diberi tiga buah pilihan hero yang bisa dikatakan masih benar-benar baru seperti Steam Hammer, Seer, atau The Twins. Bisa jadi para penggemar Stan Lee dan Marvel sedikit kecewa akan hal tersebut. Namun bagi saya hal tersebut adalah hal yang sepatutnya dilakukan supaya peran Stan Lee di game ini tidak tersisihkan oleh nama besar superhero yang sudah terkenal. Desain hero-hero yang bisa kamu mainkan tadi dikemas dengan gaya chubby(tubuh kecil dan bermuka imut), menunjukkan kesan yang kuat bahwa game ini ditujukkan untukgamer kasual dari anak-anak hingga remaja.
Review Stan Lee's Hero Command - Screenshot 1
Dari tiga hero yang disediakan tadi, kamu hanya bisa memilih salah satu saja dari ketiganya. Jika kamu sudah memilih, kamu perlu untuk membayar Rp12.000 untuk memilih hero yang lainnya. Setiap hero memiliki jalan cerita yang berbeda-beda, itulah keuntungan yang kamu dapat jika kamu membeli hero tambahan.
Bicara soal gameplay, tidak banyak hal-hal menarik yang bisa saya katakan. Kamu akan menjalankan misi-misi yang disediakan oleh Stan Lee sendiri dengan gaya bertempur hack and slash dengan sudut pandang seperti Dungeon Hunter, Zenonia, atau Kritika. Virtual D-Pad disebelah kiri layar disediakan untuk menggerakkan karakter kamu, sedangkan bagian kanan layar disediakan tombol virtual untuk menghajar musuh-musuh. Misi-misi yang disediakan pun sudah tergolong umum. Contohnya seperti membunuh musuh dalam jumlah tertentu, menghancurkan bangunan musuh dalam jumlah tertentu, atau yang paling spektakuler adalah mengantarkan Stan Lee sendiri dengan aman ke helikopternya.
Review Stan Lee's Hero Command - Screenshot 2
Dalam sebuah misi, musuh-musuh yang kamu hadapi cenderung itu-itu saja bentuknya. Selain menjumpai musuh, kamu juga akan menjumpai objek-objek yang bila dihancurkan akan memberikan kamu tambahan HP. Sayangnya, objek-objek yang bisa kamu hancurkan pun juga sangat monoton. Hanya kotak besar berwarna coklat saja yang bisa kamu hancurkan, selebihnya tidak.
Stan Lee sendiri tidak menjadi karakter yang bisa dimainkan di Stan Lee’s Hero Command. Namun ia akan menjadi figur yang tidak kalah pentingnya. Sebab setiap misi yang kamu lalui akan ditugaskan oleh Stan Lee sendiri secara langsung. Selain itu, suara khas Stan Lee akan selalu menemani kamu saat kamu sedang memilih misi, menjalankan misi, bahkan ketika kamu berhasil menyelesaikan misi yang diberikan. Hal tersebut tentu saja sangat menjadikan para fan Stan Lee semakin senang memainkan game ini karena seolah-olah bisa beriteraksi langsung dengan sang idola.
Layaknya game kasual pada umumnya, saya merasa tingkat kesulitan di Stan Lee’s Hero Command sangat mudah diselesaikan untuk gamer seusia saya (di atas dua puluh tahun). Dari lebih lima puluh misi yang saya jalani, saya hanya mengalami game over tiga kali saja. Jumlah yang bisa dibilang sangat sedikit, bukan?
Review Stan Lee's Hero Command - Screenshot 3
Yang sedikit menyebalkan dari Stan Lee’s Hero Command adalah sistem energinya yang sangat boros. Berkali-kali saya merasa energi saya cepat sekali habis, saya mengalami sendiri kejadian di mana baru menjalankan tiga atau empat misi secara berturut-turut namun energi saya sudah habis. Awalnya saya sempat kecewa berat akan hal tersebut, namun seriring berjalannya waktu kekecewaan saya tersebut bisa sedikit terobati karena secara tidak sengaja saya menemukan ‘fitur’ menambah energi yang disediakan oleh game ini sendiri, yaitu dengan cara menonton video berdurasi tiga puluh sampai empat puluh detik.
Dengan menonton video tadi, kamu secara otomatis akan mendapat tiga buah energi secara cuma-cuma, jumlah yang sangat lumayan sekali karena kamu bisa menggunakan energi tersebut untuk dua buah misi tambahan. ‘Fitur’ menonton video tersebut tentu tetap ada batasnya, kalau ‘fitur’ tersebut sudah dipakai lima kali maka fitur tersebut akan mengalami cooldown selama dua puluh menit, jadi tidak ada istilah energi tidak terbatas melalui ‘fitur’ tersebut.
Selain harus menunggu energi, kamu pun juga harus dihadapkan pada faktor menunggu lainnya. Yaitu menunggu apabila kamu melakukan upgrade skill. Skill yang kamu naikkan poinnya harus melewati masa cooldown terlebih dahulu sebelum benar-benar berimbas pada skill karakter kamu. Untungya, skill yang bisa kamu naikkan hanya empat atribut saja, tidak terlalu banyak jumlahnya dan tentu saja tidak membuat kamu harus menunggu semakin lama. (Bayangkan saja jika kamu harus menunggu untuk sepuluh skill.)
Review Stan Lee's Hero Command - Screenshot 4
Soal grafisnya sendiri, bagi saya kualitas grafis di game ini sudah tergolong usang. Grafis yang disuguhkan Stan Lee’s Hero Command nampak seperti game mobile tahun 2013, hal ini bisa dimaklumi karena Stan Lee’s Hero Command menyasar ke pengguna anak-anak hingga remaja yang mana sebagian besar belum memiliki gadget super canggih yang bisa melakukan rendergrafis yang berat.
Berhubung Stan Lee’s Hero Command adalah game gratis, yang terbesit di pikiran saya adalahgame ini akan sarat dengan grinding. Tapi ternyata dugaan saya salah, memang masih ada unsurgrinding di Stan Lee’s Hero Command namun ternyata tidak separah game sejenis. Kabar baik sekali untuk para pembenci grinding.
Saat ini Stan Lee’s Hero Command baru dapat dinikmati di iOS, Android masih belum kedapatan jatah. Namun seperti kebiasaan-kebiasaan developer game mobile besar lainnya, Stan Lee’s Hero Command cepat atau lambat akan mereka sajikan di Android. Sabar saja ya :).
Secara garis besar, Stan Lee’s Hero Command merupakan game hack and slash kasual yang cukup menyenangkan walaupun tidak terlalu megah. Buat kamu yang sedang mencari game hack and slash dengan gaya karakter imut, tidak terlalu menitik beratkan grinding, atau IAP yang tidak terlalu mahal maka Stan Lee’s Hero Command adalah jawabannya.
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar