Occipital Membawa Kemampuan Mirip Xbox Kinect Ke iPad

Occipital Membawa Kemampuan Mirip Xbox Kinect Ke iPad
Sebuah startup di Amerika Serikat, Occipital, saat ini sedang mengembangkan sebuah aksesoris kamera pemindai gambar 3D untuk perangkat iPad. Apabila kamu tidak familier dengan teknologi tersebut, kamu bisa membayangkan perangkat Kinect untuk console Xbox buatan Microsoft yang memiliki kemampuan serupa. Aksesoris kamera ini mampu merekam suatu gambar sekaligus mendeteksi jarak atau kedalaman berbagai objek di dalamnya secara real time.
Walaupun fungsi utama kamera ini adalah sebagai pemindai gambar untuk menciptakan model 3D, pihak Occipital mengklaim bahwa gadget ini juga bisa digunakan dalam dunia gaming. Mereka bahkan telah merilis sebuah game berjudul S.T.A.R. OPS – A positional tracking adventure di Apple App Store untuk membuktikan maksud mereka. Melalui trailer yang diunggah di YouTube, Occipital menunjukkan kemampuan dari kamera buatan mereka dalam memindai ruangan pada suatu halaman dan menggunakan berbagai objek virtual dalam dunia augmented reality.
Kinerja dari gadget ini terlihat cukup menjanjikan. Gambar pada video di atas terlihat bergerak dengan lancar seiring pergerakan orang yang menggunakan iPad. Setiap objek yang terdapat pada layar bergerak dengan konsisten mengikuti pergerakan orang dan terasa cukup nyata untuk sebuah benda virtual.
Sayangnya video trailer ini belum mempertontonkan kemampuan dari kamera Occipital untuk memindai sebuah objek yang bergerak, semisal orang yang sedang menari. Apabila kamera ini dapat melakukan hal tersebut tanpa masalah, bukan mustahil apabila kita bisa mengendalikangame melalui gerakan badan seperti pada Xbox Kinect di platform mobile tidak lama lagi.
Pihak Apple maupun Google bukannya belum memikirkan untuk mengintegrasikan teknologi semacam ini ke dalam sistem operasi buatan mereka. Apple telah mengakuisisi startup bernama PrimeSense yang mengembangkan teknologi serupa, sedangkan Google memiliki Project Tango yang rencananya akan menambahkan teknologi pemindai 3D ke dalam Android. Namun, kedua pihak tersebut masih belum mengumumkan kapan mereka akan mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam sistem operasi masing-masing. Selama teknologi ini masih absen, tampaknya Occipital merupakan alternatif yang cukup potensial dan menarik untuk dicoba.
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar