Review CMStorm Octane: Combo Periferal Gaming Andalan!


CMStorm Octane, perangkat gaming futuristik untuk Anda
CMStorm Octane, perangkat gaming futuristik untuk Anda

Bermain game adalah hobi yang tidak murah. Bukan saja Anda harus memikirkan dana untuk membeli game setiap bulannya, tetapi juga harus dipusingkan dengan memilih perangkat gaming yang cocok untuk digunakan. Memutuskan perangkat gaming apa yang akan menemani Anda bermain game sama seperti memilih pasangan hidup. Bila salah, maka Anda bisa jadi akan menyesal untuk waktu lama. Apalagi perangkat gaming saat ini hadir dengan beragam feature menggoda dan resikonya Anda akan merogoh kantong sangat dalam untuk membelinya.

CMStorm Octane menawarkan solusi yang cukup menarik untuk membantu Anda memilih perangkat gaming yang relatif murah meriah. Octane bukan hanya memberikan keyboard gaming dalam paket penjualannya, tetapi juga disertai mouse gaming dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 600 ribuan. Kapan lagi Anda bisa mendapatkan keyboard dan mouse gaming semurah itu? CMStorm sendiri cukup terkenal di kalangan penyedia perangkat gaming dengan produknya yang berkualitas. Fakta ini sendiri sudah menjamin Octane harganya murah tetapi tidak murahan.

Keyboard dan mouse menggunakan ukuran standar perangkat PC
Keyboard dan mouse menggunakan ukuran standar perangkat PC

Akan tetapi, tidak adil rasanya bila kami mempercayai kualitas Octane begitu saja tanpa mencobanya terlebih dahulu. Anda juga tentunya ingin memastikan terlebih dahulu apakah Octane mampu diajak bermain game dengan intensif sepanjang malam sebelum memutuskan untuk membelinya. Oleh karena itu, kami mengajak Octane untuk bermain semalaman; mulai dari bermain game action shooter seperti Call of Duty Advanced Warfare, Battlefield 4, hingga game online, yaitu Tera Online dan Path of Exile.

Desain Futuristik

Octane merupakan gabungan dari dua produk, yaitu keyboard gaming Devastator MB7C dan mouse gaming Devastator MS35. Keduanya memiliki bentuk futuristik yang begitu menarik, terlebih mousenya. Siapa sangka ketika mouse tersebut dihubungkan ke komputer, Anda akan bertemu dengan muka robot di punggung mousenya! Ya, desain mouse pada Octane menyerupai muka robot yang matanya bisa menyala beraneka warna!

Backlight wajib hukumnya untuk perangkat gaming bergaya futuristik
Backlight wajib hukumnya untuk perangkat gaming bergaya futuristik

Keyboardnya sendiri tidak begitu menarik perhatian seperti mousenya. Meskipun demikian, bentuknya masih tetap menarik untuk dilihat. Selain ia dapat memendarkan cahaya untuk menerangi semua tombolnya, keyboard tersebut juga menawarkan beberapa fungsi tambahan yang sangat membantu. Pada bagian atas keyboard, Anda dapat menemukan tombol pengaturan media player dan musik. Melalui tombol tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan fungsi Play/Pause/Stop dan Skip musik. Selain itu, Anda juga dapat mengatur volume dengan menekan tombol di sana.

Keberadaan fungsi tambahan tersebut sangat membantu ketika kami sedang memainkan game sambil mendengarkan lagu di latar belakang. Biasanya, beberapa game dapat mengalami crash bila dipaksa untuk pindah program dengan cara Alt-Tab, terutama game online. Berkat fungsi ini, pengalaman bermain kami menjadi tak terganggu sama sekali. Keyboard ini juga menyimpan beberapa fungsi lain yang tidak kalah pentingnya.

Profil keyboard lebih tinggi dibandingkan keyboard biasa
Profil keyboard lebih tinggi dibandingkan keyboard biasa

Pada keyboard di Octane, Anda dapat menemukan tombol kombinasi untuk mengunci tombol Windows yang ada di antara tombol Alt dan Ctrl sebelah kiri. Hal ini sangat penting untuk gamer, mengingat tombol ini biasanya menyebabkan gamer tidak sengaja keluar dari game ke layar Windows dan tidak jarang menyebabkan gamenya crash atau dia kalah bermain! Melalui tombol ini, Anda tidak perlu lagi mencongkel tombol Windows untuk menghindari kecelakaan fatal tersebut!
Fungsi lainnya adalah kombinasi tombol untuk mengunci keyboard supaya tidak dapat berfungsi tombolnya. Jadi, Anda dapat meninggalkan dengan santai sesi bermain Anda untuk ke toilet misalnya, dan tidak perlu khawatir ada orang lain yang memainkannya. Anda juga dapat menemukan fungsi pengaturan cahaya keyboard, seperti intensitas dan kecepatan denyutan cahaya.

Bentuk pinggir Octane terlihat sederhana
Bentuk pinggir Octane terlihat sederhana

Kembali ke desain mouse, penggunaan muka robot untuk membuat iri gamer lain bukan satu-satunya kelebihannya. Mouse ini menyediakan dua tombol di bagian ibu jari sebagai fungsi tambahan ketika bermain maupun di luar permainan. Ketika Anda berada di layar Windows, tombol ini dapat dengan mudah membantu navigasi untuk Back dan Forward Windows. Jadi, Anda tidak perlu repot menekan tombol panah di bagian atas Windows untuk maju dan mundur.

Ketika bermain, tombol ini sangat berguna untuk menambah kendali di dalam game. Ambil contoh ketika bermain game action shooter; tentunya akan lebih mudah bila Anda menggunakan tombol ibu jari untuk melakukan serangan melee/pisau yang biasanya diletakkan di posisi cukup sulit dijangkau di keyboard. Begitu juga ketika Anda ingin mengeluarkan skill yang butuh refleks cepat di game lain. Tombol ini bisa menjadi penyelamat Anda.

Tombol pengatur media player terletak di bagian atas keyboard
Tombol pengatur media player terletak di bagian atas keyboard

Tombol di dekat mouse wheel berguna untuk mengubah tingkat kepekaan sensor mouse atau DPI.
Pada mouse ini Anda dapat menemukan empat tingkat DPI, yaitu 500, 1000, 2000, dan 3500. Semua tingkatan tersebut umum digunakan di dalam game untuk beragam kegunaan, mulai dari serangan yang butuh membidik cepat hingga bergerak lambat ketika menggunakan sniper. Sayangnya, tombol untuk mengubah DPI tersebut hanya satu buah. Jadi, Anda harus melewati urutan DPI yang tidak Anda butuhkan terlebih dahulu untuk sampai ke tujuan. Misalnya, ketika Anda ingin pindah ke DPI 2000 dari 500, maka Anda harus menekan dua kali untuk sampai ke 2000.

Lalu, apa kegunaan tombol lain yang ada di bagian bawah tombol pengubah DPI? Ia digunakan untuk mengubah warna lampu di bagian mata robot. Anda dapat menemukan tujuh warna berbeda untuk mata tersebut. Jadi, bila Anda bosan dengan satu warna maka ia dapat dengan mudah diubah. Keputusan mouse ini untuk mengorbankan fungsi demi kosmetik sebenarnya cukup disayangkan.

Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat volume
Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat volume

 

Kenyamanan Octane

Apakah combo mouse dan keyboard gaming ini cukup nyaman ketika digunakan? Apalagi bila dilihat dari desainnya, Octane memiliki cukup banyak sudut berkat adopsi rancangan futuristiknya. Terutama mousenya; sudut yang terjadi akibat lubang mata robot di bagian punggungnya tentu tidak boleh sampai melukai telapak tangan Anda. Begitu juga dengan kenyamanan keyboardnya – meskipun ia menggunakan teknologi membran tetapi profilnya cukup tinggi bila dibandingkan keyboard biasa.

Fungsi mengunci keyboard dapat ditemukan di salah satu tombolnya
Fungsi mengunci keyboard dapat ditemukan di salah satu tombolnya

Mouse di combo Octane menggunakan bahan yang cukup baik menghadapi keringat di telapak tangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika bermain cukup lama dan tidak ingin cengkaraman tangan hilang akibat licin. Begitu juga dengan sudut yang terjadi akibat kosmetik mousenya. Ternyata, lubang mata di mouse tidak menyakitkan tangan karena posisinya pas di bawah pangkal jari. Justru ia dapat menambahkan cengkraman yang Anda butuhkan ketika bermain dengan serius.

Kini Anda tidak perlu khawatir tidak sengaja menekan tombol Windows ketika bermain
Kini Anda tidak perlu khawatir tidak sengaja menekan tombol Windows ketika bermain

Tinggi mouse juga terbilang wajar. Ukurannya tepat untuk semua telapak tangan, baik besar maupun kecil. Posisi tombol tambahan, seperti tombol ibu jari dan tombol fungsi DPI, berada tepat di dalam jangkauan jari. Semua dapat dengan mudah dan cepat diakses ketika Anda bermain game. Beratnya juga memadai, tidak terlalu ringan dan terlalu berat.

Profil keyboard yang cukup tinggi sebelumnya memang cukup membuat kami khawatir; apakah ia nantinya akan membuat tangan harus menyesuaikan diri dahulu sebelum bisa digunakan dengan baik. Untungnya, ketika kami menggunakannya untuk chat di game online, semua kata-kata yang ingin ditulis dapat keluar dengan tepat. Jadi, ukurannya tepat dengan keyboard standar Windows. Tekanan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan tombol keyboard juga wajar saja. Meskipun ia menggunakan membran, tetapi tombolnya dapat membal dengan baik.

Bagian bawah keyboard terlihat kokoh
Bagian bawah keyboard terlihat kokoh

Bermain dengan Octane

Mouse dan keyboard di Octane sangat teruji ketika kami menggunakannya untuk bermain game action shooter. Selain semua tombolnya harus berfungsi dengan baik dan mudah dijangkau oleh jari, tingkat ketelitian mouse ketika membidik langsung terlihat. Berkat posisi tombol yang wajar di keyboard, kami dapat dengan mudah menggunakannya untuk navigasi ketika bermain shooter. Semua tombol juga bereaksi dengan cepat dan baik sekali. Berkat kemampuan keyboard ini untuk menjalankan 19 tombol secara bersamaan. Bahkan, kami sempat menggunakan feature turbo!

Mouse atau kepala robot Transformers?
Mouse atau kepala robot Transformers?

Feature turbo merupakan fungsi untuk mengatur pengulangan tekanan tombol di keyboard. Hal ini sangat berguna ketika kami bermain Dying Light, pada saat karakter diterkam oleh zombie dan kami harus menekan tombol berulang-ulang untuk melepaskan diri darinya. Berkat fungsi turbo, kami cukup terus menekan tombol saja dan zombie langsung terlempar! Begitu juga ketika kami menemui Quick Time Event di Call of Duty yang juga meminta kami untuk menekan berulang kali satu tombol.

Bentuk mouse pas untuk telapak tangan dari beragam ukuran
Bentuk mouse pas untuk telapak tangan dari beragam ukuran

Bagaimana dengan kemampuan membidik mousenya? Berkat fungsi pengubah DPI, kami dapat dengan mudah menyesuaikan kecepatan bidikan dengan senjata yang digunakan. Ketika kami menggunakan Shotgun untuk jarak dekat, DPI 2000 sangat membantu untuk menoleh dengan cepat. Sedangkan DPI 500 sangat berguna untuk membidik musuh di kejauhan menggunakan sniper ketika kami bermain Battlefield 4. Sensornya sangat responsif dan memiliki ketelitian cukup tinggi. Pernah suatu ketika kami berhasil menembak kepala musuh yang sedang berlari menggunakan sniper di Battlefield 4 pada jarak cukup jauh.

Tombol ibu jari dapat dengan mudah dijangkau
Tombol ibu jari dapat dengan mudah dijangkau

Tombol klik kanan dan kiri pada mouse juga patut diberikan pujian. Ketika kami menggunakannya untuk bermain Tera Online, kecepatan respons tombol mouse tersebut membuat karakter yang kami gunakan mampu menahan serangan spesial musuh yang memiliki damage besar! Padahal kami menekannya pada momen terakhir sebelum serangan tersebut menghantam. Begitu juga ketika kami menggunakannya untuk membidik dengan cepat di Call of Duty. Respons tombolnya seringkali menyelamatkan kami.

Tombol pengubah DPI berdekatan dengan mouse wheel dan pengatur warna mata robot
Tombol pengubah DPI berdekatan dengan mouse wheel dan pengatur warna mata robot

Kesimpulan

CMStorm Octane sekilas lalu terlihat tidak begitu mengesankan. Kesan dua perangkat dibundel menjadi satu seakan kurang berkelas. Namun, hal itu terbantahkan dengan cepat begitu kami menggunakannya untuk bermain game. Bukan hanya kedua perangkat tersebut mampu membantu kami memenangkan permainan, mereka juga cukup nyaman digunakan. Apalagi harganya relatif murah untuk dua perangkat gaming dengan kualitas baik.

Sumber:  http://jagatplay.com/2015/04/features/review-cmstorm-octane-combo-periferal-gaming-andalan/
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar