Mau Virtual Reality Murah? Ini Nih Caranya!

Meskipun kehadiran Virtual Reality sudah diperkenalkan di ajang I/O Google pada Juni 2014 lalu, nyatanya di Indonesia sendiri masih belum terlalu ramai,meskipun sebagian sudah ada yang mulai mengikuti tren tersebut. Yang menjadi alasan adalah belum tersedianya perangkat VR tersebut, dan pasti harganya mahal. Padahal, untuk memiliki sebuah VR, cukup bermodalkan smartphone Android dan Google Cardboard.
Ya, Google Cardboard adalah solusi VR yang terbuat dari kardus untuk Anda yang ingin segera menikmati teknologi terbaru. Di situs-situs belanja online luar semacam Amazon dan Ebay sudah banyak yang menjualnya, di situs dan forum Indonesia pun sudah mulai bertebaran sellernya demi kemudahan Anda mendapatkannya. Tetapi jika Anda ingin mencoba untuk membuat VR sendiri menggunakan kardus, berikut caranya.
Alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain:
- Kardus
- Cutter
- Double tape
- ring magnet
- magnet bulat
- 2 buah lensa binokular focal length 45mm
- Perekat
- Karet gelang
- Smartphone Android berukuran kurang dari 6 inci dan minimal menjalankan Android 4.1
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memotong terlebih dahulu kardus yang digunakan seperti pada gambar dibawah ini atau mengikuti pola yang dibuat oleh Google disini.
Setelah selesai dengan rangkanya, saatnya Anda rangkai kardus tersebut dan rekatkan menggunakan double tape, jangan lupa untuk memasukkan lensa binokularnya. Lalu masukkan juga magnet bulat yang biasa ditemukan pada tempelan kulkas.
Tempelkan perekat pada kedua sisi agar nantinya memudahkan untuk memasukkan smartphone Android dan membuka menutupnya pun lebih gampang.
Setelah selesai membuat, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan smartphone Android yang Anda punya dan tahan dengan menggunakan karet gelang. Oh ya, jangan lupa juga untuk menginstall aplikasi Cardboard dari Google Play Store disini. Anda juga bisa mencari aplikasi yang mendukung lainnya dengan mengetikkan kata kunci 'cardboard' atau 'VR'.
Selamat! Sekarang Anda bisa memulai petualangan Anda di dunia Virtual Reality. Oh ya, fungsi dari magnet itu sendiri jika digeserkan ke bawah yaitu bertindak sebagai trigger/klik tanpa harus repot-repot membuka smartphone terlebih dahulu. Sedangkan jika ingin back ke home, Anda bisa berdirikan smartphone ke posisi vertikal.
Jadi, mau memulai mencoba dunia baru?

Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar