5 Alasan Android Kamu Lemot dan Cara Atasinya

Tidak peduli kamu gunakan brand apa, pasti akan terasa cukup mengesalkan kalau perangkat yang digunakan tiba-tiba nge-lag atau lemot. Apalagi kalau sedang menggunakan perangkat Android.

Yup, sudah bukan rahasia lagi kalau perangkat Android dikenal dengan “penyakit” sering nge-lag atau lemot. Walau memang  beberapa berpendapat kalau nge-lag atau lemot itu terjadi karena penggunanya sendiri.

Well, apapun alasannya apa yang menjadi penyebab performa perangkat Android kamu tidak maksimal? Ini adalah 5 alasan yang sudah kami kumpulkan untuk kamu. Simak ya.

1.Matikan Aplikasi Berjalan

Siapa yang suka lupa tutup aplikasi setelah menggunakannya? Pasti banyak dari kamu secara tidak sadar melakukannya. Tindakan tidak menutup aplikasi di Android ini cukup memakan memori RAM yang cukup besar -apalagi kalau RAM yang ada hanya 512MB-, sehingga dapat menurunkan kinerja perangkat kamu.

Solusi: Batasi aplikasi yang berjalan di background. Hal ini kamu dapat lakukan dengan masuk ke Settings > Apps > Running. Pilih aplikasi yang memakan kinerja memori, lalu pilih STOP. Jika kamu tidak merasa yakin dengan langkah ini, kamu bisa restart perangkat Android yang kamu gunakan.

Jika tidak berhasil, kamu bisa gunakan beberapa aplikasi di Google Play Store yang dapat menghentikan (Titanium Backup Pro) atau mematikan sementara (Greenify) aplikasi yang memakan memori secara permanen untuk mengosongkan kapasitas RAM.


2.Low Memory

Beberapa perangkat akan mengalami masalah nge-lag atau lemot saat kapasitas penyimpanan yang ada (memori internal) penuh hingga 80% dari kapasitas yang tersedia. Jika memang sudah terlihat tanda-tanda nge-lag, ini artinya sudah saatnya kamu bersih-bersih.

Solusi: Bersihkan cache aplikasi. Penyebab utama hal ini adalah penggunaan aplikas tertentu –Facebook dan Instagram- yang mana akan menyimpan data cache. Untuk membersihkannya, kamu bisa ke Settings > Apps, lalu klik aplikasi yang diinginkan pada daftar Downloaded, dan pilih Clear Cache.

Jika kurang, kamu bisa pindahkan aplikasi yang ada kedalam kartu microSD –jika perangkat kamu mendukung-. Kamu juga bisa gunakan beberapa aplikasi utility seperti App2SD untuk memindakan aplikasi yang kamu inginkan juga.


3.Update Software

Software yang tidak up to date juga menjadi salah satu alasan kenapa perangkat kamu lemot. Apalagi jika sistem Android sendiri terjangkit bug dan gangguan pada program. Atau dibeberapa kasus, hal ini terjadi saat menginstal aplikasi –moded APK- langsung tanpa melalui Google Play Store, yang tentu saja tidak akan mendapatkan update terbaru.

Solusi: Upgrade sistem atau aplikasi yang ada dengan versi terbaru. Selain menawarkan fitur baru, terkadang update baru ini juga menyertakan beberapa perbaikan bug dan peningkatan performa yang menjangkiti software.


4.Games

Untuk kamu yang suka nge-game diperangkat Android dan mengalami lag saat main, ini dikarenakan beberapa aplikasi dan layanan yang masih berjalan di background dan memakan memori. Hal ini juga mengakibatkan perangkat Android kamu memanas, yang akhirnya akan mengakibatkan lag saat ataupun sesudah main game.

Solusi: Istirahatkan perangkat kamu beberapa saat agar hardware yang ada didalam sedikit mendingin. Jika lag masih berlanjut, tidak ada salahnya kamu merestart agar RAM tidak terlalu penuh dengan cache.


5.Launcher

Siapa sih yang tidak ingin tampil beda. Selain menggunakan kasing yang unik, banyak pengguna perangkat Android “mempercantik” perangkatnya dengan menggunakan aplikasi Launcher. Karena menggunakan berbagai tampilan animasi yang tidak sesuai dengan hardware, Launcher ini justru memakan tidak hanya kapasitas memori pada perangkat, tetapi juga menyedot banyak daya dari baterai.

Solusi: Diusahakan untuk gunakan user interface yang sudah ada pada perangkat. Karena tidak menyedot baterai, performa perangkat pun akan tetap normal walau dalam penggunaan waktu yang lama. Walaupun ingin menggunakan Launcher, beberapa aplikasi Launcher seperti Apex dan Nova cukup bagus dan ringan untuk digunakan.


So, itulah 5 alasan kenapa perangkat Android kamu lemot atau nge-lag. Bila langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan dan masih berlanjut, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan; seperti lakukan Factory Reset. Memang akan sedikit ekstrim, namun hal cukup membantu. Hanya saja pastikan kamu sudah back up file-file penting yang ada. Hal lainnya ada upgrade perangkat Android kamu dengan yang baru.Dengan hadirnya update Lollipop, kemampuan hardware pun akan menjadi penentu agar perangkat Android kamu bebas dari lag atau lemot.  So, selamat mencoba ya.

Sumber: VGI
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar