Review Watch Dogs

Watch Dogs sama sekali tidak seperti yang dibayangkan: game ini tidak menyuruh kamu untuk bertugas sebagai pengurus anjing, atau diberi kesempatan untuk melihat anjing-anjing lucu. Malahan tidak ada seekor anjingpun yang menjadi karakter utama dalam game ini!! Terlepas dari lelucon dari judul game yang terbilang aneh, Watch Dogs adalah proyek game terbaru dari Ubisoft Montreal yang mengambil tema tentang kota futuristik dan teknologi hacking. Game ini mengambil insprasi dari banyak konsep permainan seperti Assassin’s Creed, Grand Theft Auto, dan bahkan sedikit menyerupai permainan Batman Arkham City.
Alur cerita dalam game ini mengisahkan tentang seorang IT expert bernama Aiden Pearce, yang berprofesi sebagai seorang hacker yang jenius. Namun profesi ini membuat keluarganya terlibat bencana dan tragedi. Hal tersebut membuat Aiden berubah menjadi seorang pemburu dan berusaha menemukan musuh-musuh yang telah melukai keluarganya. Untuk sebuah game tentang teknologi canggih, alur cerita Watch Dogs malah lebih terfokus pada drama dan peristiwa emosional di sepanjang permainan.
Fun with Hacking
Dunia permainan dalam Watch Dogs adalah kota Chicago yang futuristik, di mana hampir seluruh aktivitas kehidupan di kota tersebut diawasi oleh teknologi canggih bernama ctOS. Di awal permainan, Aiden memperoleh akses untuk menggunakan teknologi ini sehingga ia dapat meng-hack hampir seluruh perangkat elektronik yang terdapat di kota tersebut, hanya dengan menggunakan smartphone “ajaib” miliknya. Hacking menjadi daya tarik dan sekaligus fitur utama permainan Watch Dogs. Melalui sistem ini, Aiden dapat mengakses kamera pengintai, mengatur lampu lalu lintas, mencuri informasi, atau mendengar pembicaraan yang dilakukan oleh orang lain lewat smartphone mereka.
Aiden juga dapat mengetahui data-data para penduduk kota yang ia temui sepanjang permainan, yang terkadang dapat memberikan informasi menarik. Misalnya seorang ibu rumah tangga yang baru saja selingkuh, atau berapa jumlah simpanan uang yang dimiliki oleh seseorang, atau pegawai kantoran yang mempunyai sejarah sebagai bekas pencuri, dan beragam jenis informasi unik lainnya. Kemampuan hacking dalam Watch Dogs tidak terbatas pada pengambilan data dan akses digital saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membantu Aiden saat bertarung melawan musuh. Pemain dapat meng-hack granat yang berada di tangan musuh sehingga meledak dengan sendirinya, atau mengambil alih kendali turret di satu ruangan dan memakainya untuk membantai para penjahat.
Fitur ini juga ikut mempengaruhi keunikan misi-misi yang bisa diperoleh. Dalam salah satu misi misalnya, Aiden dapat meng-hack satu kamera ke kamera lain sampai ia menemukan target yang harus dibunuh. Sementara dalam misi lainnya, kemampuan Aiden digunakan untuk mencuri uang secara digital, menghentikan laju lalu lintas kendaraan, bahkan menyalurkan gas asap dari serangkaian pipa di kota Chicago. Watch Dogs juga menampilkan tantangan collectibles berupa 100 lokasi HotSpots yang tersembunyi di seluruh penjuru kota, di mana setiap HotSpots dapat memberikan hadiah yang berbeda-beda.
Untuk aksi pertarungannya, semuanya berjalan menyerupai konsep permaian seperti dalam Grand Theft Auto misalnya. Amunisi peluru banyak ditemukan dalam game ini sehingga kalian bebas untuk membantai musuh sesuka hati, atau memilih untuk menyelinap secara diam-diam. Dan seluruh misi dalam game ini mempunyai beragam jenis solusi yang bisa digunakan; kalian dapat memilih untuk menyelinap dan menggunakan kemampuan hacking untuk mengalahkan musuh sebelum mereka sempat menyadari peristiwa yang terjadi. Atau kalian bisa juga mengambil cara yang lebih primitif yakni dengan menembak dan meledakan semua musuh yang ditemui.
Watch Dogs mempunyai konsep permainan yang unik dengan menggunakan teknologi hacking yang dipadu dengan setting kota futuristik. Berkat fitur ini, pemain mempunyai kebebasan yang berbeda serta pengalaman bermain di dunia open world yang sangat berbeda jika dibanding game-game bernuansa open world lainnya. Namun sayangnya, Watch Dogs mempunyai kelemahan terbesar dalam hal irama permainan yang tidak konsisten. Pada satu misi kalian akan terhibur dengan aksi yang menantang dan kreatif sehingga membuat permainan terasa seru. Namun dalam misi berikutnya, kalian hanya sibuk menembak musuh tanpa adanya tantangan baru. Kelemahan ini bertambah parah menjelang akhir permainan karena semakin banyak misi-misi yang terlalu monoton, repetitif, dan membuat cepat bosan.
The Other Sandbox
Untungnya, Watch Dogs menyediakan banyak sekali misi-misi alternatif dan aktivitas yang menarik di seluruh penjuru kota Chicago. Salah satu side-quest yang sangat menghibur adalah saat Aiden harus melacak seorang pembunuh berantai yang bersembunyi di dalam kota. Atau ketika Aiden memainkan mini-game konyol seperti catur ataupun poker. Daya tarik Watch Dogs lainnya terletak pada fitur multiplayer. Kamu dapat memilih dan mengajak pemain lain supaya ikut bergabung dalam dunia permainan Watch Dogs. Saat pemain lain mengakses permainanmu secara online, kalian dapat memainkan beragam tantangan yang menarik, seperti perlombaan siapa yang paling cepat meng-hack lawan, mengikuti lomba balapan kendaraan, dan lain sebagainya. Meskipun permainan multiplayer ini tidak ada hubungannya dengan alur cerita utama, tetapi fitur ini ikut menyempurnakan pengalaman bermain secara keseluruhan.


















Publisher: Ubisoft
Developer: Ubisoft Montreal
Genre: Action, Adventure
Release: Mei 2014
Platform: PC, PS3, PS4, X360, XONE, Wii U
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar