Review Titanfall

Jika kalian merupakan salah seorang gamer yang belum pernah memainkan Titanfall, kalian mungkin bertanya-tanya: hal apa sih yang membuat Titanfall menjadi game paling populer sekarang ini? Game ini kan hanya sekedar FPS biasa? Ternyata tidak juga. Para kritikus game dan obsesi pemain dengan Titanfall belakangan ini memang terbilang agak berlebihan, apalagi kalau kalian tidak sempat mengikuti perkembangan beritanya sejak game ini pertama kali diumumkan. Jika hanya dilihat sepintas, Titanfall tidak begitu jauh berbeda dengan game-game FPS lainnya. Namun pada kenyataannya Titanfall mempunyai banyak alasan yang kuat mengapa game dinilai sebagai FPS terbaik saat ini. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang hal-hal apa saja yang membuat Titanfall menjadi game paling antusias ditunggu-tunggu sekarang ini.
NPCs & Enemy AI
Permainan multiplayer dalam Titanfall dapat menjadi hal yang penuh aksi dan kekacauan. Uniknya, di tengah-tengah medan pertempuran ini, tidak semua karakter akan dikendalikan oleh pemain. Titanfall menampilkan sistem NPC di mana setiap tim mempunyai sekelompok prajurit yang dikendalikan oleh komputer. Para prajurit ini dapat membantu pemain dalam bertarung, tetapi secara garis besar, peran mereka lebih cocok jika dikatakan sebagai “tumbal” dalam menghadapi serangan musuh. Keberadaan mereka membuat para pemula masih bisa bermain, di mana kalian tidak akan terjebak dalam dilema dibantai oleh pemain veteran yang memiliki senjata lebih canggih. Kehadiran NPC secara tidak langsung memberi dorongan semangat pada pemain untuk bermain lebih baik lagi karena meski dikalahkan oleh pemain lain, kalian tetap bisa memperoleh experience dan unlockables dengan mengalahkan para NPC.
Meski kalian mungkin tergolong pemain yang sering dikalahkan oleh pemain lain, kalian tetap bisa memperoleh kepuasan bermain dengan mengalahkan para NPC. Berbeda dengan game shooter lain yang memaksa pemain untuk bermain lebih baik dengan belajar dari kekalahan, Titanfall masih memberi reward bagi mereka yang kesulitan menguasai inti permainan dalam game ini. Namun hal ini masih tetap membuat Titanfall sebagai game yang cukup menantang dan menampilkan banyak kesempatan untuk bersaing dengan pemain lainnya. Berkat sistem NPC seperti ini, Titanfall berhasil menciptakan sebuah konsep dan tantangan bermain yang bisa dikuasai oleh semua kalangan pemain. Pemain veteran yang sudah jago dapat memilih untuk bertarung melawan pemain lainnya, sedangkan para pemula dapat belajar dengan melawan para NPC. Dengan begitu, semua pemain dapat merasa puas dan memperoleh hiburan yang setara.
True Vertical Movements
Daya tarik Titanfall, sekaligus hal yang membuat game ini inovatif, adalah fitur kebebasan untuk bergerak di medan pertempuran. Titanfall mengubah irama permainan yang umumnya hanya “berlari dan menembak”, menjadi sebuah pentas akrobatik yang keren. Kalian dapat berlari di tembok, meloncat dan melayang menggunakan jetpack, serta beragam jenis gerakan parkour lainnya. Jika berhasil menguasai kombinasi gerakan ini, kalian dapat mengalahkan musuh dengan berbagai trik yang menawan. Daripada langsung berhadapan dengan musuh, mekanisme permainan Titanfall mendorong pemain untuk bergerak cepat dan berpikir kreatif.
Kalian dapat berinteraksi dengan lingkungan di sekitar, memanfaatkan desain level permainan, atau menebak pergerakan musuh dengan melakukan penyerangan yang efektif. Game ini tidak membatasi pemain untuk hanya berdiri di permukaan tanah saja, tapi kalian dapat meloncat dan melayang di antara bangunan, menembak musuh dari atap, bahkan menggunakan Titan sebagai bala bantuan di saat-saat situasi berbahaya. Sebelum kemunculan Titanfall, sudah banyak game FPS lain (seperti Unreal Tournament, Tribes, atau Planetside) yang mencoba menampilkan kemampuan bergerak bebas dan memakai fitur pergerakan vertikal. Tetapi untuk sementara ini, baru Titanfall yang berhasil menyempurnakan fitur ini dengan baik.
The Power of Titan
Sesuai dengan judulnya, salah satu alasan utama mengapa Titanfall sangat populer adalah karena fitur Titan sebagai mecha dalam game ini. Setiap pemain dapat menggunakan Titan, di mana semakin banyak pemain mengalahkan musuh maka semakin cepat pula mereka memperoleh kesempatan untuk memakai Titan. Mengendalikan Titan menjadi pengalaman paling menghibur dalam game ini, karena kalian dapat membuat kekacauan dan mengalahkan banyak musuh sekaligus. Namun keberadaan fitur ini bukan berarti kalau Titan adalah senjata paling sakti dalam permainan. Meskipun kalian berada di dalam sebuah Titan, pemain lain masih mempunyai kesempatan untuk menghancurkan Titan dengan senjata yang mereka miliki. Kalian dapat terbang ke atas Titan untuk melemparkan granat ke dalam kokpit, atau memakai senjata Anti-Titan RPG yang bisa menembakkan misil dari kejauhan. Hal ini membuat permainan tetap berjalan seimbang dan menghibur.
Titanfall berhasil menemukan cara untuk menghadirkan inovasi dan fitur-fitur baru dalam genre FPS yang belakangan ini memang mulai terasa mandek. Game ini dapat dimainkan oleh semua kalangan pemain, bahkan meski kalian baru pertama kali mencoba permainan FPS. Titanfall mungkin bukan pemicu revolusi baru dalam industri gaming, tetapi kepopuleran Titanfall bisa dipastikan akan bertahan dalam waktu yang cukup lama.
Publisher: Electronic Arts
Developer: Respawn Entertainment
Genre: FPS, Titan
Release: Maret 2014
Platform: PC, Xbox One, Xbox 360
Share on Google Plus

About dery

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar