Internet adalah dunia entah berantah yang sangat besar bahkan mungkin melebihi besar planet Bumi. Sehingga peran mesin pencari sangatlah besar. Peran mesin pencari hampir sama dengan penunjuk arah di dunia nyata.
Dengan mesin pencari kita dapat memasukan kata kunci dari apa yang akan kita cari maka mesin pencari akan mencarikan apa yang akan kita cari secara otomatis dari berbagai sumbur Internet semisal kita akan mencari "Android" maka mesin pencari akan mencarikan semua tentang Android di dunia internet.
Sekarang terdapat paling sedikit lima mesin pencari yang ada sekarang, tapi ada satu yang hampir selalu menguasai. Yaitu Google Search.
Data yang dilansir perusahaan pemeringkatan Karma Snack yang diperbarui setiap dua bulan menunjukkan Google Search menguasai 87,6 persen pasar mesin pencari. Kemudian disusul Microsoft Bing 4,2 persen, Baidu 4,7 persen, Yahoo 2,4 persen, Ask.com 0,6 persen, dan lainnya 0,5 persen.
Berikut hasil "pembedahan" yang dilakukan PC World untuk mengetahui karakter penelusuran gaya Google Search dan Microsoft Bing.
Navigasi
Ketika Google Search dan Bing digunakan untuk melacak situs resmi calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Mitt Romney, channel YouTube Presiden Obama, dan pencarian gambar atau grafik, keduanya memberikan hasil yang benar dan tepat.Hanya, saat dipakai untuk mencari informasi tentang vaksin flu dengan kata kunci "CDC flu vaccine information", Google mengetengahkan dokumen berformat portable document format yang berisi detail vaksin flu tersebut. Sementara itu, Bing memberikan informasi seputar vaksin flu dari berbagai sumber.
Koreksi Otomatis
Adakalanya terjadi kesalahan mengetik atau typographical error ketika memasukkan kata kunci. Ini wajar saja.
Jika itu terjadi, Google Search dan Bing sama-sama memberikan saran atau autocorrecting.
Bedanya, Bing kadang terlalu jauh mengartikan apa yang hendak dicari. Misalnya, ketika mengetik "Barack Obama YouTube channel", Bing memasukkan juga hasil pencarian "barack obama youtube tv" secara otomatis.
Di kedua mesin pencari ini, sama sekali tidak ada fitur untuk menonaktifkan autocorrect.
Mencari Produk
Google Search dan Microsoft Bing sama-sama dibekali dengan informasi mengenai beragam produk. Contohnya, dengan mengetik kata kunci "iPhone 4S specs", "iPad models", dan "ingridients in Diet Coke", keduanya menyuguhkan informasi yang komplet, mulai dari berita terbaru sampai alamat website perusahaan pembuat produk tersebut.Sumber Informasi
Mesin pencari telah menggantikan fungsi ensiklopedia, kamus, dan buku referensi lainnya.Tampilan Antar Muka
Bisa dilihat tampilan antarmuka kedua mesin pencari tersebut berbeda dengan ciri khas masing-masing. Bing menggunakan tampilan antar muka yang berwarna gelap dengan background fotografi sehingga terlihat unsur modern. dan google menggunakan tampilan antar muka yang sederhana, minimalis, dengan background warna putih sehingga terlihat ciri khas Google yaitu Material Design. Google juga akan mengubah tulisan Google ketika memperingati hari-hari tertentu
Bisa dilihat kedua mesin pencari itu memiliki ciri khas masing-masing dan tentu saja memiliki kelemahaan maupun kelebihannya.
0 komentar:
Posting Komentar